Follow Us

3 Lagu Luar yang Lisensinya Dibeli dan Liriknya Diganti oleh Ahmad Dhani

Reinaldy Royani - Selasa, 23 Agustus 2022 | 14:30
Ahmad Dhani Beberkan 3 Lagu Luar yang Lisensinya Dibeli dan Liriknya Diganti Olehnya
HAI/Fariz

Ahmad Dhani Beberkan 3 Lagu Luar yang Lisensinya Dibeli dan Liriknya Diganti Olehnya

HAI-ONLINE.COM – Selain punya segudang karya ciptaan yang keren, Ahmad Dhani juga kerap membeli lisensi lagu luar untuk dinyanyikan kembali dan diganti liriknya. Penasaran lau apa aja? Apa iya emang mirip? Simak nih 3 lagu luar negeri yang dibeli lisensinya dan diganti liriknya sama Ahmad Dhani.

  1. Stephen Simmons – Tears Never Dry (Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada)

'Tears Never Dry' merupakan lagu dari solois Stephen Simmonds yang dirilis pada tahun 1997 di album ‘Alone’. Ahmad Dhani kemudian membeli hak memakai lagu ini untuk dialih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia dan mengganti liriknya.

Lalu, lagu ini bertransformasi menjadi hit duetnya bareng almarhum Chrisye dalam judul ‘Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada’. Banyak yang menganggap lagu ini plagiat, kemudian frontman Dewa 19 ini menepis isu tersebut dan bilang kalo doi membeli rights lagu ini.

Baca Juga: Flashback Ganti Vokalis dari Ari Lasso ke Once, Ahmad Dhani: Kebetulan Perubahan Itu yang Kita Mau!

  1. Sergio Mendes – Real Life (Cinta Mati 2)
Isu Ahmad Dhani dan Republik Cinta Management plagiat nggak berhenti sampe situ aja, lagu dari The Virgin feat Mulan Jameela berjudul ‘Cinta Mati 2’ ini juga sempat mendapatkan perlakuan yang sama dengan ‘Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada’.

Nyatanya, Ahmad Dhani mengaku membeli lisensi lagu milik Sergio Mendes berjudul Real Life yang populer pada tahun 80-an.

Bos RCM itu kemudian mengaransemen lagu itu menjadi lebih segar dan menghilangkan efek sound new wave dan mengemasnya dalam ‘Cinta Mati 2’.

Baca Juga: Karyanya Dianggap Plagiat sama Pengamat Musik, Ahmad Dhani: Saya Beli Rights-nya, Yang Bilang Begitu Pasti Orang Awam!

  1. Michael English – Do You Believe in Love (Cinta Mati 3)
Kemudian ada ‘Cinta Mati 3’ yang juga memiliki background yang sama dengan pendahulunya yakni sama-sama berasal dari gubahan lirik dari lagu yang lisensinya dibeli oleh Ahmad Dhani.

Lagu ini diambil dari katalog penyanyi pop kontemporer asal Amerika, Michael English bertajuk ‘Do You Believe in Love’ rilisan tahun 1991 dari album self-titled-nya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest