Follow Us

Sering Bergadang? Jangan-jangan Lo Punya Sindrom Revenge Bedtime Procrastination

Fathia Yasmine - Minggu, 24 Juli 2022 | 19:05
Ilustrasi begadang
Pixabay

Ilustrasi begadang

Hai-Online.com – Bergadang merupakan kebiasan yang lumrah dimilki oleh anak muda. Biasanya, anak muda bergadang untuk bermain game, menonton pertandingan sepak bola atau olahraga lain yang memang disiarkan tengah malam, hingga maraton menonton film serial kesukaan.

Namun, kegemaran bergadang untuk melakukan kegiatan yang digemari ternyata bisa jadi sebuah gejala dari fenomena psikologis bernama revenge bedtime procrastination. Mengutip dari situs web Very Well Mind, fenomena psikologis tersebut banyak ditemukan pada orang-orang yang supersibuk.

Akibat mendorong diri untuk melakukan kesibukan bekerja atau belajar yang melebihi batas wajar, seseorang akan merasa tidak punya kebebasan dan waktu melakukan kegiatan yang disukai pada pagi hingga sore hari. Pada saat malam hari tiba, mereka "balas dendam" dengan memanfaatkan waktu yang panjang untuk melakukan kegiatan menyenangkan.

Apabila mengalami fenomena psikologis tersebut, seseorang bahkan rela mengorbankan waktu istirahatnya demi mendapat kebebasan melakukan hal-hal yang disukai.

Baca Juga: Ahli Gizi Unair Bagikan 4 Tips Atasi Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Sarapan Oatmeal

Waktu bergadang tersebut menjadi kesempatan untuk refreshing. Meski demikian, kurang tidur bisa memberi dampak negatif. Institusi Sleep Foundation mengatakan, kurangnya jam tidur dapat memicu efek negatif yang signifikan terhadap kesehatan mental, fisik, dan emosional. Dampak yang ditimbulkan dapat terasa langsung atau di masa depan.

Dampak yang dirasakan setelah bergadang di antaranya adalah lelah setelah bangun tidur, malas beraktivitas, perubahan mood, serta sulit konsentrasi. Sementara pada jangka panjang, berkurangnya waktu tidur dapat memicu gangguan mental, hingga penyakit berat seperti serangan jantung dan diabetes.

Nah, apabila lo ingin mengetahui apakah kebiasaan bergadang yang selama ini dilakukan masih wajar, coba cek ciri-ciri revenge bedtime procrastination. Lo tidak boleh mendiagnosis diri sendiri, tetapi informasi di bawah ini bisa memberi gambaran tentang seseorang yang memiliki sindrom revenge bedtime procrastination.

Ciri-ciri revenge bedtime procrastination

Masih dilansir dari Sleep Foundation, revenge bedtime procrastination seringkali berawal dari scrolling media sosial menjelang waktu tidur. Durasi yang awalnya hanya 10-15 menit kemudian menjadi berjam-jam karena keasyikan. Akibatnya, waktu tidur pun jadi berkurang.

Baca Juga: Butuh Refleksi dan Pelajaran Hidup, Tonton 3 Film Soal Urban Life Ini

Selain itu, revenge bedtime procrastination sering ditandai dengan tidak adanya alasan kuat untuk bergadang sepanjang malam. Misalnya, bergadang dilakukan hanya untuk menonton film. Padahal, kegiatan tersebut bisa dilakukan saat weekend.

Editor : Sheila Respati

PROMOTED CONTENT

Latest