Follow Us

Ahli Gizi Unair Bagikan 4 Tips Atasi Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Sarapan Oatmeal

Tanya Audriatika - Rabu, 13 Juli 2022 | 10:30
Ahli gizi Unair bagikan 4 tips buat mengatasi kolesterol tinggi.
Kompas.com

Ahli gizi Unair bagikan 4 tips buat mengatasi kolesterol tinggi.

HAI-Online.com - Hari Raya Iduladha sudah identik dengan mengkonsumsi daging, namun perlu diingat batasan konsumsi berbagai olahan daging tersebut agar tidak mengundang kolesterol tinggi.

Ahli gizi Universitas Airlangga (Unair), Lailatul Muniroh SKM MKes bagikan tips mengatasi kolesterol tinggi saat Iduladha.

Melansir dari laman Unair, berikut 4 tips atasi kolesterol tinggi:

  1. Banyak konsumsi sayuran dan buah tinggi serat
Tips yang pertama bisa dengan konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat, seperti stroberi, pisang, pir, apel, jeruk, wortel, dan brokoli.

“Serat dapat melarutkan kolesterol jahat,” tuturnya.

Baca Juga: Biar Tetap Sehat, Ini Batas Aman Konsumsi Daging Menurut Para Ahli!

Lail juga menganjurkan lebih banyak mengkonsumsi sayur dari jenis kacang-kacangan, seperti kacang polong dan buncis yang banyak mengandung serat larut.

Selain itu, mengkonsumsi kacang-kacangan yang rendah lemak seperti almond, walnut dapat mengurangi kadar kolesterol jahat.

  1. Ganti minyak goreng
Selanjutnya, menghindari makanan lemak tinggi dan pilihlah makanan rendah lemak seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, tahu, tempe, dan sebagainya.

Lail juga menyarankan untuk mengurangi olahan makanan dengan menggoreng menggunakan minyak goreng. Ia juga menyebut, sebaiknya mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan membatasi makanan cepat saji.

“Pilihlah minyak yang sehat seperti minyak zaitun untuk mengganti mentega dan minyak goreng,” imbuhnya.

  1. Sarapan Oatmeal
Sarapan oatmeal juga bisa menjadi langkah mencegah kolesterol tinggi. Oatmeal kaya akan nutrisi sekaligus sumber serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Oatmeal juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Rutin Olahraga
Selain ketiga tips diatas, peran olahraga juga penting, apalagi kalau dilakukan rutin setiap hati. Dengan rutin berolahraga, kolesterol jahat di dalam tubuh bisa berkurang.

Perlu diingat, selain 4 tips di atas, ketika mengkonsumsi daging harus ingat batasannya ya. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest