Follow Us

Mari Mengenal Sociopreneur Bareng Asri, Tren Karir Baru Buat Millenials dan Gen Z

Tanya Audriatika - Senin, 30 Mei 2022 | 18:15
Mau bikin bisnis

Mau bikin bisnis

HAI-Online.com - Universitas Pertamina gelar Wisuda ke-6 pada Sabtu (21/05/2022).

Salah satu wisudawan berprestasinya, Astri Yana punya ketertarikan dengan kegiatan sociopreneur dan kini lagi mengembangkan platform sociopreneur yang diberi nama SATU.

SATU merupakan singkatan dari Saling Bantu.

“Aplikasi ini emang tujuannya buat ngebantu masyarakat yang punya barang-barang layak pakai tapi udah nggak digunakan lagi, buat dijual, dan hasilnya didonasiin lewat peran organisasi sosial kemasyarakatan,” terang Astri dilansir dari laman Universitas Pertamina, Sabtu (21/5/2022).

Lewat SATU, donatur, pembeli, dan penerima donasi bisa saling terhubung satu sama lain.

Penjualan barang bekas dilakukan dengan skema lelang. Selain itu, ada juga dua fitur lain, yakni donasi barang dan patungan berkah.

Baca Juga: Begini Cara Anak Muda Eksis Menjadi Sociopreneur Sukses

Berkat ide bisnisnya, Astri pernah memenangkan Gold Award di Acara International Business Idea Challenge (IBIC) yang digelar Malaysia Multimedia University pada 2020 lalu.

Astri mengatakan, di Indonesia, industri sociopreneur ini masih didominasi oleh Usaha Miktro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Hal ini yang berpotensi menyerap tenaga kerja wanita dan disable, yang punya keterbatasan bekerja di perusahaan makro,” tuturnya.

British Council mencatat, selama lima tahun terakhir tren kegiatan sociopreneur atau social enterprises di Indonesia meningkat hingga 70 persen.

Sebanyak 67 persen dari 1,388 organisasi dan unit usaha sosial yang disurvei British Council, dipimpin oleh millenials dan generasi z, yang berada di rentang usia 18 hingga 34 tahun.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest