Follow Us

Begini Cara Anak Muda Eksis Menjadi Sociopreneur Sukses

Al Sobry - Selasa, 13 April 2021 | 06:55
Begini Cara Anak Muda Eksis Menjadi Sociopreneur Sukses

Begini Cara Anak Muda Eksis Menjadi Sociopreneur Sukses

HAI-Online.com - Minat anak muda terhadap sociopreneurship meningkat pesat di antara disrupsi teknologi pada era pandemi covid-19 ini.

Founder gerakan sosial "Akademi Berbagi" Nadia Hasnah Humairah mengucap syukur atas merebaknya minat anak muda sebagai sociopreneur yang ingin terjun langsung dan berkontribusi positif bagi masyarakat di sekitarnya.

Baca Juga: Unpad Buka Pendaftaran Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19, Ini Syaratnya

Dia mengatakan dalam avar virtual bertajuk “Sociopreneur Discussion Series Talk” pad Senin (12/4/2021) kemarin, bahwa membangun gerakan sosial perlu membangun sistem yang benar agar relawan yang terlibat punya jiwa socialpreneur.

"Menjadi relawan itu bagus, namun yang lebih penting bagaimana membangun sistem agar memiliki jiwa socialpreneur," kata Nadia duta dari Padusi.id dalam rangkaian diskusi kemarin.

Senada dengan Nadia, Ainun Chomsun, pendiri gerakan sosial "Akademi Berbagi" dalam diskusi itu mengatakan spirit sociopreneur pada dasarnya bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya bangsa ini sejak dulu sudah dibangun dengan semangat gotong royong dan spirit saling membantu.

“Sekarang aja kita menyebutnya keren, relawan. Tapi sebenarnya spirit itu sudah menjadi wisdom yang diwariskan orang-orang tua kita dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Ainun mengakui, fenomena media sosial menjadi pupuk subur tumbuh dan berkembangnya sociopreneur di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Namun yang jadi memprihatinkan, dari ribuan gerakan sosial yang tumbuh di tanah air, banyak yang tidak mampu bertahan lama. Ia mengamati perkembangan tersebut sejak mulai menginisiasi gerakan “Akademi Berbagi” yang diawali melalui percakapan di twitter pada tahun 2010.

“Banyak anak muda yang peduli dan terjun langsung itu bagus. Namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana membangun system yang benar agar socialpreneur yang mereka rintis bisa berkembang dan berdampak signifikan. Di situlah kunci keberlangsungan sebuah greakan sosial,“ paparnya.

Baca Juga: Rapper Keturunan Indonesia, Swerte Gaet Saykoji di Single Baru 'Esso'

Indikator keberhasilan dari sebuah Gerakan sosial, menurut Ainun adalah perubahan sosial.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest