Follow Us

Duff McKagan Sebut Punk Bertanggung Jawab atas Keberadaan Guns N' Roses dan Metallica!

Nada Aprillia - Jumat, 27 Mei 2022 | 20:05
Duff McKagan, Bassist Guns N' Roses
imagesradio

Duff McKagan, Bassist Guns N' Roses

HAI-ONLINE.COM - Bisa dibilang kalo Guns N' Roses dan Metallica adalah dua band terbesar di planet ini. Bassist GN'R Duff McKagan mengatakan kalo punk awal bertanggung jawab atas keberadaan dua band ini, serta Nine Inch Nails, Nirvana dan beberapa lainnya.

McKagan bermain dengan beberapa band punk rock di Seattle pada awal 80-an, kayak 10 Minute Warning dan The Living, sebelum doi pindah ke Los Angeles beberapa tahun kemudian. Terinspirasi banget sama The New York Dolls, doi kemudian menulis lagu Guns' Use Your Illusion II "So Fine", sebagai penghormatan kepada mendiang Johnny Thunders.

Dalam sebuah wawancara barunya dengan Stage Right Secret pada pemutaran perdana acara Sex Pistols "FX Pistols", McKagan memuji band-band punk awal 70-an dan menjelaskan bagaimana mereka memiliki dampak besar terhadap kelompok-kelompok yang muncul setelahnya dalam berbagai genre.

Baca Juga: Billie Joe Armstrong : Band Punk Nggak Bikin Musik untuk Ketenaran!

"Gue nggak belajar memainkan musik mereka sama sekali, seperti 'Bodies' atau apapun. Saya mempelajari lagu-lagunya. Tapi itu kayak caranya Steve Jones memainkan gitar, dan gue ambil gitar lalu mulai mempelajari semua itu," ungkap McKagan.

"Gue mulai menemukan Johnny Thunders, dan dari sana doi menarik gue. Itu seperti sekolah musik. Kemudian Paul Cook adalah semacam awal dari rock n roll drum modern. Gue seorang bassist, gue seorang cowok yang ada dalam bagian ritme, jadi Paul bak mesin yang menginformasikan rock n roll, dari '77 dan seterusnya," tambah McKagan.

McKagan juga menjelaskan kalo doi berada di kancah punk, saat ketika semuanya tentang individu dan individualitas, yang kemudian menjadi aneh.

"Gue ngelihat ada sebuah gig kecil di suatu tempat, atau pusat kota yang semua usia ada di sana," lanjut sang rocker mengutip The Clash, The Jam dan Ramones sebagai pilar utama lainnya di kancah punk.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Band Thrash Metal & Punk Modern Dari Vokalis Municipal Waste!

McKagan mengenang bahwa scene punk saat itu dengan apa yang Sex Pistols bantu hasilkan adalah hal yang special banget.

"Nggak bakal ada Guns N' Roses, nggak bakal ada Metallica, Nine Inch Nails, Nirvana, lo bisa terusin ada siapa aja, Foo Fighters. Itu semua nggak bakal ada tanpa kehadiran punk," tutup McKagan.

Lo juga bisa nonton langsung nih interview McKagan di bawah ini!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest