Follow Us

Billie Joe Armstrong : Band Punk Nggak Bikin Musik untuk Ketenaran!

Nada Aprillia - Kamis, 26 Mei 2022 | 17:05
Billie Joe Armstrong
wikimedia commons

Billie Joe Armstrong

HAI-ONLINE.COM - Billie Joe Armstrong bisa dibilang cuma salah satu dari banyaknya artis yang ter-influence oleh Sex Pistols.

Menjelang pemutaran perdana series FX Pistol nanti, Armstrong memaparkan pendapatnya mengenai dampak yang dimiliki oleh Sex Pistols.

Dilansir melalui Loudwire, Armstrong menegaskan kalo semua band punk itu punya kesamaan, yaitu mereka nggak bikin musik untuk sebuah ketenaran.

Kok gitu sih?

"Never Mind the Bollocks adalah salah satu rekaman punk pertama yang pernah gue denger," kenang Armstrong kepada Rolling Stone. Penyanyi asal Amerika ini juga bilang kalo saat itu doi berusia 6 tahun. "Hal pertama yang muncul di kepala gue waktu dengerin 'Holidays in the Sun' adalah bagaimana gitar bisa kedengeran besar dan nyata, begitu pula dengan vokal John Lydon. Segala seuatu tentang itu, dari lirik hingga suara gitar dan lagu, gue pikir itu sempurna," jelas Armstrong.

Baca Juga: Terungkap Lagu dan Album Green Day Favorit Billie Joe Armstrong

Album Never Mind the Bollocks - Sex Pistols
Sex Pistols

Album Never Mind the Bollocks - Sex Pistols

Saat awal terbentuknya Green Day, Armstrong merasa kalo hardcore itu sangat populer, jadi semua orang nyoba untuk memainkan instrumen mereka dengan kecepatan tinggi. Tapi doi lebih peduli tentang alur dalam suara serta lirik yang bermakna, yang dimiliki dalam sebuah karya. Di mana itu adalah karakteristik musik Sex Pistols

"Sex Pistols menghentak punk sebelum sempat jadi suatu yang mainstream saat itu. Mereka membuktikan kalo punk rock nggak dimaksudkan untuk massa," ujar Armstrong.

Baca Juga: 3 Cewek Berpengaruh Dalam Musik Rock yang Kurang Dihargai Di Ranah Showbiz

"Kalo lo ngambil gitar untuk mainin lagu punk rock, itu harusnya bukan untuk ketenaran. Lo melakukannya karena itu adalah sesuatu yang penting bagi lo, dan itu underground. Untuk gue sendiri itu adalah pengalaman awal gue berada di sebuah band punk, bersama Green Day. Jelas, apa yang terjadi dengan Green Day berbeda dengan ucapan gue, tapi harus gue tegasin kalo gue nggak memprediksi itu buat kita," tambah Armstrong.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest