Follow Us

Kenapa Kita Kalo Suka Sebuah Lagu Bisa Diulang Sampai Berkali-kali?

Alvin Bahar - Kamis, 31 Maret 2022 | 18:05
Ilustrasi download lagu di internet.
freeimageslive.co.uk / gratuit

Ilustrasi download lagu di internet.

HAI-ONLINE.COM - Kita pasti pernah deh, putar lagu yang sama berulang-ulang sampai (mungkin) orang lain ngeliatnya aneh.

Tapi, mengapa kita terkadang nggak ada bosannya mendengar musik yang sama?

Dalam sebuah survei yang dilakukan terhadap 204 cowok dan cewek berusia 30-an tahun, terungkap bahwa alasan kebiasaan mendengar lagu yang sama terus disebabkan karena adanya kenangan atau emosi tertentu dari lagu tersebut.

Diterbitkan dalam jurnal Psychology of Music, survei ini menanyakan pada responden tentang lagu-lagu yang paling sering mereka dengarkan dan seberapa sering mereka mendengarkannya.

Baca Juga: Ini Dia 7 Rekomendasi Film Dokumenter Musik yang Nggak Ngebosenin

Hasil riset membuktikan bahwa 86 persen peserta mendengarkan lagu favorit mereka seminggu sekali.

Uniknya lagi, hampir setengah peserta riset mendengarkan setiap hari.

Ditanyakan pula tentang pengalaman mereka saat mendengarkan lagu, seperti kedalaman koneksi terhadap lagu tersebut yang meliputi aspek-aspek lagu yang menarik mereka kembali pada kenangan tertentu.

Selain itu, peneliti juga menanyakan berapa banyak lagu yang bisa mereka ingat di kepala mereka, dan bagaimana lirik lagu tersebut membuat mereka merasa senang, bahagia, tenang atau sedih.

Mereka yang memiliki lagu favorit yang dapat digolongkan sebagai lagu "bahagia", tertarik mendengarkan lagu tersebut karena tempo dan iramanya.

Sementara mereka yang memfavoritkan lagu bernuansa "kesedihan", tertarik mendengarkannya karena lagu tersebut memiliki kaitan mendalam dengan hidup mereka.

Hal ini juga dikaitkan dengan kemampuan yang lebih besar untuk membangun "struktur mental" dari lagu yang membuat lagu tersebut selalu tergiang-ngiang di kepala mereka.

Sementara itu, British Psychological Society berpendapat bahwa pengaruh emosional dapat membuat seseorang memutar lagu yang sama berulang kali, sama seperti mengkonsumsi obat pengatur mood.

Pengaruh tersebut lebih terasa daripada saat kita mendapatkan sesuatu yang baru.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Mengapa Kita nggak Bosan Mendengar Lagu Favorit Berulang Kali".

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular