Follow Us

Anak Muda Nggak Banyak yang Sadar, Ini Investasi Aman untuk Pemula

Al Sobry - Minggu, 27 Maret 2022 | 16:10
Anak Muda Nggak Banyak yang Sadar, Ini Investasi Aman untuk Pemula

Anak Muda Nggak Banyak yang Sadar, Ini Investasi Aman untuk Pemula

Selain tergiur dengan kemewahan yang dihasilkan, seringnya juga beberapa selebritas dan influencer ikut membahas investasi di akun medsos mereka sehingga membuat tidak sedikit orang terpengaruh dan ingin "main" serta merasakan keuntungan berinvestasi.

Lalu, apa sih sebenarnya investasi itu?

Dikutip dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, pengertian investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Baca Juga: Hindari Jebakan Crazy Rich Instan? Yuk Pahami dan Teliti Cara Terhindar dari Platform Investasi Bodong

Mengutip dari webinar Globak Money Week yang digelar Yayasan Allianz Peduli bersama HAI dan Cewekbanget.grid.id dengan tema "Jago Mengatur Uang, It's My Dream", pada Jumat (25/3/2022) lalu, Samuel Ray, seorang financial planner mengatakan investasi itu ada dua; membeli sesuatu (saham) atau meminjamkan uang untuk modal orang lain.

Nah, orang yang melakukan investasi disebut investor atau penanam modal.

Saat berinvestasi tentu kita sudah nggak asing mendengar istilah high risk high return, yang bermakna potensi keuntungan yang tinggi dibarengi potensi kerugian yang tinggi juga.

Tentunya kita nggak mau juga salah mengambil langkah dalam berinvestasi.

"Buat pemula, bisa mulai berinvestasi di reksadana yang nilai risikonya itu sedikit lebih kecil. Di masa sekarang itu beda dengan masa lalu, dimana membeli reksadana ini harus ada dana minimum Rp 50 juta dulu, kalo sekarang, kami yang mau belajar mengenal produk investasi untuk sekadar portfolio misalnya, udah bisa berinvestasi mulai dari Rp 10 ribu aja," jelasnya di acara tersebut.

Namun alih-alih ingin jago mengatur keuangan dengan terjun berinvestasi, anak muda belum banyak sadar selain saham, obligasi, reksadana, emas, deposito, hingga properti, ada jenis investasi yang aman, terutama bagi kaum milenial yang saat ini memasuki umur 20 tahun awal.

Selain investasi dalam bentuk uang, ada lho jenis investasi yang nggak kalah penting untuk kita lakukan sejak muda, apakah itu?

Investasi Leher ke Atas

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular