Follow Us

Menjelaskan 'Pawang Hujan' versi Sains: Modifikasi Cuaca yang Udah Ada di Indonesia Sejak 1977

Alvin Bahar - Selasa, 22 Maret 2022 | 10:05
Jabatan resmi Rara Istiati Pawang Hujan di panitia MotoGP Mandalika 2022 bikin syok. Gajinya juga bikin geleng-geleng kepala.
Facebook

Jabatan resmi Rara Istiati Pawang Hujan di panitia MotoGP Mandalika 2022 bikin syok. Gajinya juga bikin geleng-geleng kepala.

HAI-ONLINE.COM - Rara Istiati Wulandari, pawang hujan MotoGP Mandalika viral. Ada yang muji karena aksinya berhasil bikin stop hujan, ada juga yang nyinyir karena pawang hujan nggak bisa dijelasin dengan sains. Hmmm.

Well, hujan kadang-kadang emang nyebelin. Salah satu ”jurus” buat mengusir hujan adalah dengan menggunakan jasa pawang hujan.

Pak Bowo, salah satu pawang hujan yang biasa membersihkan awan-awan hitam untuk keberlangsungan suata acara di outdoor bilang supaya hujan nggak turun, kita itu butuh kembang.

Kembang? Hari gini ngomongnya kembang... Tapi serius, kita butuh kembang buat ngusir hujan.

”Biasanya ada mediasi kembang, telor, minyak wangi, dupa, dan semua ditaruh di sudut-sudut tempat acara digelar. Minimal empat sudut lokasi deh. Jadi nanti areanya kita pagari dengan pelindung yang nggak kasat mata. Ibaratnya benda-benda tadi itu perisai,” ujar pria bertubuh tinggi dan kekar ini.

Hmmm... Oke lah. Tapi kalau mistis gitu, mungkin cuma beliau dan teman kita dari ”alam lain” yang tahu. Tetep nggak masuk akal sih.

Cuma sebenernya kalau kita mau mengusir hujan dengan ilmu sains itu bisa banget. Ini bukan ngusir hujan, tapi mempercepat turunnya hujan. Maksudnya gimana tuh?

Sifatnya Higroskopik By the way, kita bisa sebut cara ini dengan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

TMC sendiri bukan cara untuk menciptakan atau memindahkan hujan, melainkan mempercepat jatuhnya hujan pada awan yang telah menggumpal.

Dengan cara ini hujan pada daerah yang rawan banjir atau nggak diinginkan bisa dihindari. Maka nantinya intensitas dan durasi terjadinya hujan di suatu wilayah dapat dikurangi sekitar 30%, sehingga banjir punya kemungkinan untuk dihindari.

Baca Juga: Hasilnya Nggak Diduga! Cowok Ini Nyobain Jadi Pawang Hujan Pake Bumbu Dapur

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular