Follow Us

Fakta Unik Black Mamba, Ular Mematikan yang Bisa Bergerak hingga 19 Km per Jam

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 16 Februari 2022 | 18:01
Ular Black mamba.
safaritravelplus/Wikimedia

Ular Black mamba.

HAI-Online.com – Mungkin kalian udah nggak asing sama Black Mamba, yang lekat sebagai julukan pebasket NBA Kobe Bryant hingga jadi judul lagu milik girlband asal Korea, aespa.

Di balik kepopuleran namanya, Black mamba sendiri adalah salah satu ular yang paling berbahaya di dunia. Ular ini bisa membuat orang yang terkena bisanya meninggal dalam waktu singkat jika nggak segera diberikan antibisa.

Black mamba memiliki nama latin Dendroaspis polylepis. Ular ini terkenal dengan ukurannya yang besar, gerakan yang cepat, dan bisa yang mematikan.

Ular ini sendiri nggak ditemukan di Indonesia, melainkan hidup di sabana dan hutan dataran rendah di Afrika.

Ular black mamba memiliki panjang rata-rata 2,5 meter dengan spesimen terpanjang yang pernah ditemukan mencapai 4,3 meter.

Ular berbisa ini memiliki tubuh yang langsing dan membantunya untuk bergerak dengan cepat untuk menyerang mangsanya.

Baca Juga: Ini Dia Satu-satunya Negara yang Nggak Ada Nyamuk! Kok Bisa?

Walaupun namanya black mamba, ternyata ular ini nggak berwarna hitam. Ular ini justru berwarna abu kecokelatan dengan warna yang lebih muda pada bagian bawah tubuhnya.

Asal penamaan hitam berasal dari bagian dalam mulutnya. Saat ular black mamba merasa terancam, ia akan membuka mulutnya dan menunjukkan mulutnya yang hitam sebagai tanda peringatan.

Perilaku

Black mamba adalah ular yang ditakuti bukan hanya karena bisanya mematikan, namun juga kecepatannya yang bisa menyaingi orang yang berlari. Ular ini mampu bergerak dengan kecepatan hingga 19 kilometer per jam, lho!

Namun, melansir National Geographic, kecepatan tersebut nggak digunakan untuk berburu mangsa, melainkan untuk kabur dari ancaman.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest