Follow Us

Ini Dia Satu-satunya Negara yang Nggak Ada Nyamuk! Kok Bisa?

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 01 Februari 2022 | 14:21
Ilustrasi nyamuk
Pixabay/Emphyrio

Ilustrasi nyamuk

HAI-Online.com –Serangan nyamuk seringkali jadi hal yang mengganggu kita, khususnya saat tidur di malam hari. Namun tahukah kalian, bahwa ada negara di dunia ini yang sama sekali nggak dihuni nyamuk?

Saat ini tercatat ada sekitar 3.500 spesies nyamuk yang tersebar di berbagai benua, termasuk di Antarktika. Nyamuk sendiri adalah serangga yang masuk dalam ordo Diptera dan masuk ke dalam famili Culicidae.

Selain menimbulkan gatal akibat bebas gigitan, beberapa jenis nyamuk juga bisa menularkan penyakit yang nggak sepele seperti Demam Berdarah Dengue atau DBB, malaria, virus zika dan chikungunya.

Sebelum kita membahas negara tanpa nyamuk, kita harus memahami dulu tempat tinggal serangga yang satu ini.

Dilansir dari India Today, nyamuk tinggal di area yang memiliki suhu udara hangat dan juga kelembaban tinggi.

Semakin mendekati area yang dingin dan beku seperti kutub, populasi nyamuk semakin sedikit dan langka.

Baca Juga: Inilah 6 Hewan dengan Usia Terpendek, Ada yang Cuma Hidup 24 Jam Doang

Dari seluruh tempat di dunia, Brazil, Australia, Filipina dan Indonesia adalah tempat-tempat yang tercatat paling banyak dihuni oleh nyamuk dengan berbagai spesiesnya.

Sedangkan di seluruh dataran Afrika, Amerika Selatan dan Asia, adalah tempat-tempat di mana penyakit yang ditularkan oleh nyamuk banyak terjadi.

Di Afrika populasi nyamuk susah dikendalikan, terutama di kawasan terpencil, jauh dari peradaban dan yang memiliki drainase buruk.

Sebagian besar kasus kematian karena malaria terjadi di Afrika akibat dari nggak terkontrolnya populasi nyamuk anopheles pembawa parasit Plasmodium.

Sebagian kawasan Afrika dan Amerika Selatan dihuni oleh spesies nyamuk tertentu yang membawa penyakit demam kuning, yang juga bisa menyebabkan kematian.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest