Follow Us

Timnas Indonesia Resmi Mundur dari Piala AFF U23 2022, Apa Alasannya?

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 11 Februari 2022 | 12:01
Pelatih timnas Shin Tae-yong saat memberi instruksi kepada para pemain.
DOK. PSSI

Pelatih timnas Shin Tae-yong saat memberi instruksi kepada para pemain.

HAI-Online.com – Timnas Indonesia dipastikan batal tampil dalam Piala AFF U23 2022 yang bakal berlangsung di Kamboja pada 14-26 Februari mendatang setelah PSSI resmi memberikan pengumuman pada Jumat (11/2/2022).

Berdasarkan pernyataan PSSI, tim yang digawangi pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong terpaksa mundur dari turnamen U23 ini karena dua alasan.

Badai Covid-19 yang melanda timnas hingga tujuh pemain dan satu ofisial dinyatakan positif Covid-19 menjadi alasan pertama mereka batal ikut Piala AFF U23.

Tujuh pemain yang dinyatakan positif Covid-19 itu antara lain Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Baca Juga: Tony Hawk Ngajarin Bocah Peraih Medali Olimpiade Jajal Mega Ramp untuk Pertama Kalinya

Di samping itu, ada empat pemain yang menunggu masa inkubasi karena satu kamar dengan mereka yang terpapar covid-19. Mereka adalah Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Sedangkan alasan kedua adalah karena ada tiga pemain yang megalami cedera, yakni Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal.

Ketiga pemain itu mengalami cedera saat memperkuat klubnya masing-masing pada pergelaran Liga 1 2021-2022.

Kondisi ini pun membuat Shin Tae-yong mengirim surat resmi kepada federasi dan mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23. Permintaan Shin Tae-yong ini kemudian direspons oleh PSSI.

Baca Juga: Wayne Rooney Ngaku Pernah Sengaja Injek Kaki John Terry Sampai Alas Kaki Bolong, FA Turun Tangan

Setelah melalui diskusi antara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan pelatih Shin Tae-yong akhirnya diputuskan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di turnamen tersebut.

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami," kata Yunus Nusi, mengutip laman resmi PSSI."

Yunus mengatakan, mereka saat ini bakal fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera. (*)

Baca Juga: Buntut Dugaan Kekerasan Seksual, Mason Greenwood Dihapus dari Game FIFA 2022 sampai Diputus Kontrak Nike

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest