Follow Us

Biar Nggak Nyesel, Simak 4 Tips Pilih Jurusan Kuliah ala Ditjen Diktiristek

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 20 Januari 2022 | 15:27
Ilustrasi jurusan Mekatronika.
northeastern.edu

Ilustrasi jurusan Mekatronika.

HAI-Online.com – Buat calon mahasiswa, memilih jurusan kuliah nggak bisa main-main. Sebelum menentukan jurusan yang kalian tuju, ada beberapa hal yang mesti kalian perhatiin.

Pertimbangan matang perlu dilakukan agar kalian bisa memilih jurusan tepat sesuai dengan bidang yang diminati dan prospek kerja yang didambakan.

Sebab, salah memilih jurusan berisiko membuat kalian kehilangan passion dalam belajar. Bahkan bukan nggak mungkin bisa bikin kalian ingin berhenti kuliah di tengah jalan, hingga ujung-ujungnya bingung menentukan arah karier setelah kelulusan.

Nah biar nggak nyesel nantinya, simak nih 4 hal yang perlu kalian pertimbangkan sebelum memilih jurusan kuliah yang tepat, seperti dilansir dari laman Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek.

Baca Juga: 10 Jurusan yang Lulusannya Bakal Banyak Dibutuhin pada 2025 Mendatang

1. Pahami minat dan bakat yang dimiliki

Pahami betul minat dan bakat kalian terlebih dahulu dengan mengenali potensi yang ada di dalam diri.

Kalian bisa memanfaatkan tes minat bakat gratis atau bahkan meminta bantuan profesional untuk benar-benar mengetahui secara spesifik apa minat dan bakat yang kalian miliki.

Baru setelahnya, tingkatkan motivasi dalam diri untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan tujuan.

2. Konsultasi dengan yang berpengalaman

Diskusikan berbagai pilihan jurusan kuliah dengan guru atau orang terdekat yang telah memiliki pengalaman kapasitas untuk memberikan pendapat dari berbagai sudut pandang dan pengetahuan yang baru.

Baca Juga: Bukan Cuma Anak SMK, Jurusan Vokasi Juga Cocok untuk Anak SMA Lho

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest