Follow Us

Bukan Cuma Anak SMK, Jurusan Vokasi Juga Cocok untuk Anak SMA Lho

Ferry Budi Saputra - Rabu, 22 Desember 2021 | 11:35
Anak SMA
HAI

Anak SMA

HAI-Online.com - Buat kalian yang lulusan SMA dan punya keinginan untuk cepat kerja, maka masuk kampus vokasi bisa jadi jawabannya lho. Mungkin kalian berpikir, 'Ah masuk vokasi cuma buat anak SMK doang,' Itu keliru ya, karena anak SMA juga bisa kok.

Selain dirancang untuk menghadapi dunia industri, banyak hal lainnya yang bisa kalian peroleh jika masuk kampus vokasi. Nah, buat anak SMA yang masih ragu untuk memilih vokasi sebagai jenjang pendidikan berikutnya, mending cek beberapa keunggulan dari vokasi yang dilansir dari Kompas.com.

  1. Semua lulusannya dapat bersaing dengan S1
Memang banyak orang yang meremehkan anak vokasi, namun perlu diketahui lulusan perguruan tinggi vokasi sangat berpeluang besar di dunia kerja dan bisnis. Banyak lulusan vokasi yang cepat memperoleh pekerjaan, karena mereka memperoleh hard skill atau banyaknya praktik saat kuliah.

  1. Setiap pelajaran diaplikasikan di dunia kerja
Saat kuliah di perguruan tinggi vokasi kalian akan dibekali ilmu praktikum, tentu para lulusannya bisa dengan mudah mengaplikasikan ilmunya di dunia kerja.

Bukan cuma itu, skill yang mereka miliki semasa kuliah bisa menunjang kinerja mereka saat berkecimpung di dunia kerja. Contohnya lulusan kuliah perhotelan, yang banyak menerima ilmu pengelolaan makanan, tata hidang, teknik pelayanan, dan sebagainya bakal mudah menerapkannya di dunia kerja.

  1. Diajar oleh dosen yang kompeten
Saat kalian kuliah di perguruan tinggi vokasi, akan diajarkan oleh dosen yang kompeten dan memiliki pengalaman yang mumpuni di bidangnya. Pada program sarjana, dosen yang mengajarkan mengacu pada penelitian, sedangkan dosen di vokasi banyak mengajarkan ilmu yang sudah diaplikasikan di dunia kerja, industri maupun bisnis.

Baca Juga: Benarkah Jurusan Sekolah Vokasi Cuman Sedikit? Ini Faktanya

  1. Lulusan vokasi lebih dibutuhkan
Banyaknya peluang kerja bagi lulusan vokasi karena kebanyakan dari perusahaan membutuhkan tenaga pekerja yang sudah ahli dalam bidangnya. Untuk itu, nggak sedikit perusahaan atau dunia industri yang mengambil lulusan perguruan tinggi vokasi. Selain memiliki skill yang baik, pengalaman magang dan kerja mahasiswa vokasi juga bisa menjadi acuan perusahaan untuk merekrut para lulusan. Selain itu, adanya sertifikat profesi juga menjadi nilai plus bagi lulusan vokasi.

  1. Pelajaran di kuliah vokasi lebih spesifik
Nah, buat kalian yang memang ingin menjejaki perguruan tinggi vokasi, perlu diketahui kurikulum yang diajarkan di perguruan tinggi vokasi bisa dibilang berbeda dengan program sarjana. Pada program vokasi, mahasiswa akan memperoleh ilmu yang spesifik dengan jurusan yang diambilnya. Selain itu, mahasiswa juga bakal lebih banyak melakukan praktik. Sementara, bagi mahasiswa program sarjana lebih banyak mempelajari teori.

Ditambah lagi, adanya program Kemenperin link and match bisa meningkatkan peluang bekerja. Program ini merupakan upaya kerja sama antara pihak pendidikan tinggi vokasi dengan industri perusahaan.

Nah, itulah keunggulan pendidikan vokasi yang akan kalian dapatkan. Buat anak SMA udah deh nggak perlu ragu lagi untuk memilih vokasi sebagai jenjang pendidikan kalian yang berikutnya. Tetapi, ingat banyak perguruan tinggi vokasi di Indonesia yang bisa kalian pilih, sebaiknya pilih jurusan yang memang sesuai minat kalian.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest