Follow Us

Sistem Kuliah Online Unpad Bandung Masuk 5 Besar Terbaik Nasional

Al Sobry - Selasa, 14 Desember 2021 | 18:56
Universitas Padjajaran (Unpad)
Wikimedia

Universitas Padjajaran (Unpad)

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Arief S. Kartasasmita mengatakan, pandemi Covid-19 telah memacu Unpad untuk lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran daring atau online yang sudah berjalan sejak lama.

Baca Juga: Mau Kuliah ke Belanda? Ikuti Beasiswa OTS 2022 untuk Jenjang S1-S2

Tidak menutup kemungkinan, bukan hanya saat kondisi pandemi saja tetapi sistem kuliah jarak jauh ini akan diterapkan pasca-pandemi.

"Ini merupakan bagian dari evolusi pembelajaran daring di Unpad yang terus berkembang," ucapnya seperti dilansir dari kompas.com, pada Selasa (14/12/2021).

Kepala Pusat Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Unpad, Anne Nurbaity juga ikut menimpali bahwa Unpad terus melakukan pelatihan intensif bagi para dosen dan tenaga kependidikan dari setiap fakultas untuk menerapkan sistem kuliah online secara jejeg.

Ia mengatakan, pengembangan pembelajaran online tidak mungkin ditangani di tingkat rektorat saja. Fakultas justru menjadi ujung tombak pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan.

Karena itu, pada tahun ini, Unpad membentuk program “E-Learning Heroes”. Melalui program ini, terkumpul 2-3 orang per fakultas yang bakal membantu tim E-Learning Unpad.

Selain itu, pihaknya terus mengampanyekan penggunaan Learning Management System (LMS) melalui penyusunan buku pedoman, leaflet, penyelenggaraan diskusi dengan mengundang pakar pembelajaran daring, hingga ToT bagi dosen dan tenaga kependidikan.

Keberadaan Learning Management System (LMS) LiVE Unpad terus disosialisasikan di kalangan dosen dan mahasiswa.

"Alhamdulillah respons dosen dan mahasiswa sudah banyak menggunakan LiVE Unpad. Pengelola juga terus menerus melakukan perbaikan,” kata Anne lagi.

Inovasi lain yang sudah dihasilkan adalah program Massive Open Online Course (MOOC). Program MOOC merupakan sebuah upaya Unpad untuk memperluas akses pendidikan berkualitas kepada masyarakat melalui perkembangan teknologi digital.

“Secara menyeluruh Unpad sudah berupaya baik dari sisi SDM dan teknologi, meskipun harus tetap ditingkatkan bertahap,” jelas Anne lagi. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular