Follow Us

Viral Video Hewan yang Bentuknya Mirip Jari Tangan, Ternyata Ini Faktanya

Ferry Budi Saputra - Jumat, 03 Desember 2021 | 09:05
Viral video hewan yang bentuknya mirip jari tangan
TikTok

Viral video hewan yang bentuknya mirip jari tangan

HAI-Online.com - Viral di media sosial, beredar video mengenai hewan yang mirip jari tangan berwarna pink. Saking viralnya, video tersebut banyak dibagikan melalui Instagram dan Twitter.

Salah satu pengunggah video hewan yang mirip jari tangan itu adalah akun TikTok @nurspty11. Dalam video itu, terlihat dua hewan yang berada dalam pasir menonjolkan sebagian tubuhnya.

Baca Juga: Rumah Marilyn Manson Digeledah, Detektif Ungkap Temuan Ruang Kedap Suara untuk Menyiksa Wanita

Setelah seseorang mencoba menggali pasir dengan sekop, dan menyiramnya dengan air, perlahan hewan itu terlihat dengan jelas. Berbentuk seperti jari tangan dan berwarna pink. Terkait video tersebut, banyak netizen yang mempertanyakan tentang hewan tersebut.

Melansir Kompas.com , peneliti di Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ismiliana Wirawati mengatakan, hewan laut dalam video tersebut adalah teripang atau timun laut.

Baca Juga: Video Pernikahan Tetangga Berjarak Cuma Satu Langkah Ini Viral di TikTok, Ternyata Ini Faktanya

"Betul, itu timun laut. Teripang yang nggak komersil. Berdasarkan pengamatan sekilas, timun laut tersebut anggota famili Caudinidae," kata Ismiliana saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/12/2021).

Teripang atau timun laut bernilai ekonomis karena bisa dijadikan makanan atau obat. Meski begitu, Ismiliana mengatakan bahwa teripang dalam video tersebut bukanlah teripang yang bernilai ekonomis.

"Alasan utama, karena dinding tubuhnya tipis. Ada juga kemungkinannya karena belum diketahui potensi kandungan nutrisinya," ungkap dia.

Nah, ternyata faktanya hewan yang mirip seperti jari tangan di video tersebut merupakan teripang yang nggak ada nilai komersilnya.

Baca Juga: Bukan Sembarang Warteg, Pintu Rahasianya Bisa Bawa ke Tempat Tak Terduga

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Viral Hewan Mirip Jari Tangan, Apa Itu? Ini Penjelasan Ahli LIPI"

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest