Follow Us

Ungkap Rahasia Jadi Pengarang Lagu Andal, Ahmad Dhani: Umur 8 Tahun Gue Udah Denger Musik Laris

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 30 November 2021 | 17:25
Ahmad Dhani (kiri bawah) semasa SMP.
Dok. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani (kiri bawah) semasa SMP.

HAI-Online.com – Nama Ahmad Dhani pastinya udah nggak diragukan lagi dalam urusan mengarang lagu hits, baik untuk Dewa 19 maupun proyek atau musisi lain yang bekerja sama dengannya.

Di balik skill mengolah nada dan lirik tersebut, leader Dewa 19 tersebut mengungkapkan kemampuannya ini nggak ia dapat secara instan. Telinga Ahmad Dhani yang udah ‘diracuni’ lagu-lagu terkenal dari berbagai genre jadi salah satu modal dirinya bisa menjadi pengarang lagu yang sukses.

Hal itu ia ungkapkan saat ngobrol bareng Gofar Hilman pada Maret lalu dalam sebuah podcast YouTube saat ditanya mengenai rahasianya bisa menciptakan lagu-lagu hits.

“Semacam jam terbang juga ya. Kayaknya nggak ada deh sekolah ngarang lagu laris kan nggak ada,” ujar Dhani.

Baca Juga: Tyo Nugros Masih Nyimpen Lagu Dewa 19 yang Nggak Ahmad Dhani Punya, Termasuk 'Roman Picisan' versi Ari Lasso!

Ia mengaku, sebelum lagu pertama yang ia ciptakan untuk Dewa 19, ‘Kangen’, dirinya memang udah mengantongi referensi musik yang membuatnya punya insting membuat lagu yang laku di pasaran.

“Menurutku itu ya, dari umur 8 tahun sampai saya umur 19 tahun waktu ngarang lagu ‘Kangen’, itu 11 tahun. Itu saya punya 11 tahun jam terbang mendengar musik laris. Jadi akhirnya punya sense itu,” jelas Dhani.

Dhani pun menganalogikan kemampuannya ini dengan seorang pilot, yang butuh jam terbang cukup untuk bisa menjadi kapten.

“Kenapa orang kok jadi kapten pilot itu nggak bisa instan kan. mana ada orang lulus sekolah penerbangan tiba-tiba jadi kapten, kan nggak. Dia butuh jam terbang, berapa ribu jam baru jadi captain,” bebernya.

Baik musik lokal maupun mancanegara pun ia sikat dalam rentang waktu itu. ‘Kangen’ yang jadi lagu pertama yang ia ciptakan untuk Dewa 19 pun menjadi buktinya.

“Nah semacam itulah, waktu itu umurku 8 tahun udah denger musik laris. Minimal top 100, lagu terkenal yang aku tahu di dunia, termasuk Indonesia aku mungkin juga tahu ya pada tahun-tahun itu,” ungkap Dhani.

Baca Juga: Ahmad Dhani Sebut Kesuksesan Slank di Tahun 90-an Jadi Pemicu Dewa 19 untuk Berani Bikin Demo

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest