Follow Us

Ahmad Dhani Sebut Kesuksesan Slank di Tahun 90-an Jadi Pemicu Dewa 19 untuk Berani Bikin Demo

Ferry Budi Saputra - Jumat, 26 November 2021 | 16:15
Dewa 19
HAI

Dewa 19

HAI-Online.com - Bisa dibilang Dewa 19 merupakan salah satu band terbesar dan tersukses di Indonesia. Hingga kini, lagu-lagunya masih banyak diperdengarkan oleh berbagai kalangan, bahkan kalo bisa bilang karya band tersebut melintasi zaman.

Tentu di balik kesuksesan Dewa 19, ada segudang cerita menarik yang patut diungkapkan. Salah satu personelnya yaitu Ahmad Dhani yang sudah menjadi personel sejak awal band tersebut dibentuk mengungkapkan Dewa 19 sebenarnya terinspirasi dari kesuksesan Slank.

Baca Juga: Sering Masukin Berbagai Genre Musik, Ahmad Dhani Ngaku Dewa 19 Banyak Kebawa Arus Tren

Musisi itu menuturkan Slank begitu mempengaruhi karier Dewa 19. Bukan tanpa sebab, kesuksesan Slank di tahun 90-an, membuat Ahmad Dhani dkk terpacu untuk bisa sukses seperti mereka pada saat itu.

Ia mengakui Slank banyak merubah selera musik orang Indonesia tahun 90-an dan menginspirasi banyak band termasuk Dewa 19.

"Jadi Slank juga lah yang akhirnya membuat kami, Dewa 19, berani membuat demo, membuat lagu baru sendiri yang nggak sama dengan musik-musik saat itu di tahun 90-an. Kita berani membuat," ujar Ahmad Dhani dalam channel YouTube Video Legend.

Seketika kesuksesan Slank melecut semangat para personel Dewa 19 kala itu untuk berani melakukan segalanya, termasuk membuat demo hingga menawarkannya kepada perusahaan rekaman.

Baca Juga: Sebut Teknik Drum Ini Cuma Bisa Dimainin Drummer Jago, Ahmad Dhani: Wong Aksan Bisa, Bimbim Pasti Pingsan

"Tahun 90 Slank adalah band pop rock sangat sukses, sehingga Dewa 19 berani untuk meninggalkan bangku kuliah dan berani untuk merekam lagu sendiri, membuat demo sendiri dan menawarkan kepada perusahaan rekaman," jelasnya.

Saking berpengaruhnya, Ahmad Dhani mengakui kalo Slank nggak ada pada zaman itu, Dewa 19 juga nggak bakalan ada. Ia mengatakan Dewa 19 saat itu punya keberanian untuk terjun ke dunia musik karena melihat Slank sukses pada saat itu.

"Jadi masa Slank sukses kita (Dewa 19) nggak sukses gitu," tambahnya.

Harus diakui memang Slank sangat populer di tahun 90-an, karya musiknya saat itu dianggap berbeda dengan band yang lain dan memiliki ciri khas tersendiri.

Sebenarnya nggak cuma Ahmad Dhani yang bilang kalau Slank itu mempengaruhi Dewa 19. Di lain kesempatan, Ari Lasso juga pernah mengatakan kalo Slank begitu menginspirasi.

Baca Juga: Lagu 'Kirana' Ciptaan Erwin Prasetya Dijadiin Single Album 'Pandawa Lima', Lilo Sebut Ahmad Dhani Musisi Berjiwa Besar

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest