Follow Us

Ahmad Dhani Sebut Faktor Musik Dewa 19 Beragam karena Dipengaruhi Selera Musiknya

Ferry Budi Saputra - Selasa, 30 November 2021 | 10:42
Ahmad Dhani
HAI/Fariz

Ahmad Dhani

HAI-Online.com - Dewa 19 merupakan salah satu band besar Indonesia yang lagu-lagunya begitu terkenal.

Bisa dibilang dari album pertama hingga album di atas 2000-an, musik-musiknya Dewa 19 itu selalu beragam. Ada yang nuansanya rock banget dan ada yang nuansanya pop banget.

Terkait hal tersebut, Ahmad Dhani menuturkan keberagaman musik Dewa 19, tak terlepas dari dirinya yang memiliki selera musik yang beragam juga.

Baca Juga: Tyo Nugros Masih Nyimpen Lagu Dewa 19 yang Nggak Ahmad Dhani Punya, Termasuk 'Roman Picisan' versi Ari Lasso!

"Kalo musik gue nggak beragam, nggak mungkin bisa bikin musik yang beragam itu di Dewa gitu kan. Gue rasa sih Dewa salah satu band yang musiknya beragam, macem-macem lagunya itu," ucap Ahmad Dhani dalam YouTube Setiawan Winarto.

Menurut Ahmad Dhani, selera musiknya yang beragam itu dikarenakan dirinya yang sering mendengarkan banyak musik dan menjadikannya referensi untuk lagu-lagu Dewa 19.

Seperti diketahui Dewa 19 sangat terpengaruh pada musiknya Toto. Namun, keybordis itu juga menyebut salah satu musisi yang menjadi acuannya dalam menciptakan musik yang beragam di band adalah Pat Metheny.

Baca Juga: Ahmad Dhani Sebut Kesuksesan Slank di Tahun 90-an Jadi Pemicu Dewa 19 untuk Berani Bikin Demo

Pat Methany merupakan pemain gitar jazz asal Amerika. Ia merupakan pemimpin dari Pat Metheny Group yang aktif bermusik di era 80-90an.

Bukan sekedar musisi yang kacangan, ia terbilang luar biasa, buktinya mampu meraih 17 Grammy Award.

"Pet Metheny itu mempengaruhi Dewa 19 di album Pandawa Lima. Kalo dengerin satu sisi, dan dengerin suara alam. Bahkan ada suara gitar synthesizer di Suara Alam itu," ungkapnya.

Sementara itu, pada wawancara yang sama, Ahmad Dhani terang-terangan menegaskan kalo lagu Kirana yang ada di album Pandawa Lima bukanlah lagu jazz. Ia mengungkapkan, musik dalam lagu itu terinspirasi dari lagu band Yes yang berjudul Changes. (*)

Baca Juga: Ahmad Dhani Tegasin Lagu Kirana Dewa 19 Bukanlah Lagu Jazz, Melainkan Terinspirasi dari Lagu Band Ini

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular