Follow Us

Booster Jadi Cikal Bakal Nama Dewa 19, Sahabat: Dulu Dicetuskan Adiknya Dhani

Ferry Budi Saputra - Rabu, 24 November 2021 | 11:02
Personel Dewa 19 di awal terbentuk
instagram.com

Personel Dewa 19 di awal terbentuk

HAI-Online.com - Jauh sebelum nama Dewa 19 dipakai, ternyata ada nama lain yang digunakan. Mungkin kebanyakan mengetahui kalo sebelum ada nama Dewa 19 yang dipakai adalah nama Downbeat, namun ternyata nama Booster lah yang jadi nama pertama band tersebut

Sahabat semasa SMA, Ari Sudono atau yang biasa dipanggil Mister Pink menceritakan sejarah Dewa 19, sekaligus membeberkan nama yang digunakan sebelum band tersebut bernama Dewa 19.

Baca Juga: Downbeat Pernah Menang Festival Musik Zaman SMA, Ahmad Dhani Raih Best Keyboardis

Ari mengungkapkan nama Booster nggak banyak orang tau soalnya yang selama ini terpublikasi adalah nama Dewa dulu, Downbeat, lalu baru bernama Dewa lagi.

"Sebetulnya yang pertama ketika kita kelas 1 SMP, nama Dewa itu memang dicetuskan untuk acara perpisahan kelas 3. Kita kelas 1 SMP ada 2 band, kelas 1A sampai 1E, F sampai dengan J itu yang rock," tutur Ari Sudono dalam YouTube Wawan Juniarso.

Ia mengatakan kalo band beraliran pop jazz tersebut terbentuk ketika mereka naik ke kelas 2 SMP. Seingat Ari, saat itu mereka tampil menggunakan nama Booster membawakan lagu Gemilang di salah satu acara.

"Kita main bukan dengan nama Dewa tapi Booster. Itu (Booster) dulu yang nyeletukin Dini adiknya Dhani, kalo Dewa sampai sekarang gue nggak tau siapa yang nyetusin," ungkapnya.

Menanggapi nama Dewa dicetuskan oleh siapa, Wawan menerangkan banyak versi berbeda, ia meyakini kalo nama Dewa dicetuskan oleh dirinya, tetapi banyak teman yang lainnya bilang nama itu dicetuskan Dovi (sahabat SMP). Lalu, Wawan bilang Ahmad Dhani juga pernah menyatakan kalo dia yang bikin.

"Tapi yang jelas gue inget betul, ketika ingin pakai nama Booster, 'Yuk kita Dewa aja', memang ada omongan itu. Tapi ketika tampil, 'Booster Band', itu yang kita pakai," ujarnya.

Baca Juga: Diajak Ahmad Dhani Gabung Jadi Drummer Downbeat Pas SMA, Sahabat:Nggak Kenal tapi Disamperin Dhani

Ari Sudono menegaskan kalo nama Booster itu memang ada, buktinya ada stiker Booster di gitar milik temannya bernama Dovi. Ia mengatakan gitar tersebut juga sempat dipakai oleh Lutfi yang saat itu adalah gitaris dari Booster.

Ari Sudono secara blak-blakan membeberkan line-up Booster ketika kelas 1 SMP. Ada Lutfi di posisi gitaris, drummernya Wawan Juniarso, keyboardis ada Ahmad Dhani sama Dovi. Ia menjelaskan lagu yang dibawakan Booster di sebuah acara pada saat itu adalah Gemilang dari Karakatau dan Final Countdown dari Europe.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest