Follow Us

Inilah Album Dewa 19 yang Menurut Ari Lasso Jadi Lompatan Besar Skill Bermusik Ahmad Dhani

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 12 November 2021 | 17:57
Ari Lasso (Kiri) & Ahmad Dhani (Kanan)
YouTube/ Ari Lasso TV

Ari Lasso (Kiri) & Ahmad Dhani (Kanan)

HAI-Online.com – Ari Lasso menyebut salah satu album yang jadi lompatan terbesar bagi Ahmad Dhani. Menurut eks vokalis Dewa 19 tersebut, Ahmad Dhani benar-benar mengalami leap of skill saat mereka menggarap album ‘Terbaik Terbaik’ yang dirilis 26 tahun silam tersebut.

“Di album Terbaik Terbaik itu menurutku Dhani mengalami leap of skill, lompatan keahlian,” ungkap Ari Lasso, mengutip channel YouTube Video Legend.

Berbeda dari dua album sebelumnya di mana para personel Dewa 19 selalu meramu materi dulu sebelum mulai menggarap materi, Ari Lasso menyebut di album ini Ahmad Dhani udah bener-bener tahu apa yang dia mau.

“Karena di album sebelumnya dari album satu, dua, kita masih sering workshop sering ngobrol-ngobrol bicarain aransemen,” ujar Ari Lasso.

Baca Juga: Lagu 'Rahasia Perempuan' Awalnya Bermakna 'Jorok', Ari Lasso: Sebenernya Ada Lirik yang Dibuang

Jadi bisa dibilang, para personel Dewa 19 saat itu tinggal merealisasikan ide yang udah Dhani persiapkan.

“Tapi di album Terbaik Terbaik ini kita diundang ke Jakarta sama Dhani semuanya, musik dasarnya itu udah ada di kepala Dhani dan Dhani memastikan drummernya harus Rere,” kenangnya.

Di sisi lain, hal itu membuat Ari Lasso dan personel lainnya nggak bisa membayangkan bakal seperti apa hasil jadi album Terbaik Terbaik.

“Ada satu lagu yang bener-bener kita nggak tahu endingnya kayak bakal jadinya gimana itu ‘Hanya Satu’,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan proses penggarapan lagu tersebut yang dinilainya berbeda dari biasanya.

“Karena dari depan Andra cuma disuruh main gitu… Tengtengteng. Rere ternyata mengisinya dengan beberapa kali take, istilahnya ditambahin-ditambahin. Dubbing,” jelasnya.

Baca Juga: Dewa 19 Nggak Mentok di Satu Genre Aja, Ahmad Dhani: Karena Musikku Beragam!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest