Follow Us

HAI Demos: Gluff, Serpihan Asyik di Tengah Reruntuhan Britpop Klasik di Indonesia

Mohammad Farras Fauzi - Rabu, 10 November 2021 | 21:05
Glufff
Press Photo

Glufff

HAI-Online.com - Jejak dan pengaruh musik impor yang terdapat di Indonesia emang udah sangat membaur dan berasimilasi menjadi warna musik tersendiri bagi banyak grup musik yang hadir hingga saat ini.

Terutama pada setengah hingga satu dekade terakhir, publik ataupun grup musik tertentu kerap untuk nggak pernah lagi memedulikan suatu patokan genre yang menjadi acuan bermusiknya.

Meski begitu, terdapat arsip sejarah yang cukup membekas dan meninggalkan nyawa kuat khususnya bagi para pemuda penggemar musik arus pinggir di Indonesia.

Britpop, adalah istilah dan sempalan musik alternatif yang terbawa secara organik melalui gelombang British invasion yang begitu populer sejak medio 1990-an.

Baca Juga: Nggak Cuma Seattle Sound & British Invasion, Berikut 5 Genre Musik Rock Lain yang Jadi Ciri Khas Kota/Negara Dunia!

Gluff menjadi grup musik terkini asal Bogor yang mematenkan panduan tersebut untuk menjadi arah bermusiknya sejak terbentuk pada tiga tahun lalu.

Hafiz (vokal & gitar), Fian (gitar & vokal latar), Alwan (bass), dan Alif (drum & vokal latar) menghabiskan dua tahun terakhirnya untuk meramu formulasi terbaik yang mereka dapatkan dari asupan intensif dari artefak musik Britwave klasik macam Oasis, The Stone Roses, Shed Seven, the Verve, hingga yang paling terkini seperti Arctic Monkeys.

Referensi kental yang mereka dapatkan dari ranah Britania Raya tersebut terpatri begitu kuat dalam sesi kreatif dan juga produksinya - setidaknya mereka mencoba untuk menjadi seperti itu (klasik), meski memang tatanan suara a la sound engineer modern memang nggak bisa dibohongi.

Gluff sebagai grup musik emang masih terkesan generik dengan materi-materi mereka yang terlalu mengacu pada sesuatu (Britpop), bahasa kerennya mungkin adalah mereka terlalu "trying to hard".

Meski kalo merujuk pada produksian dan songwriting-nya, rangkaian karya dari Gluff emang perlu banget untuk lo dengerin.

Trek-trek ini pun juga sudah terkumpul secara rapi dan terorganisir melalui sebuah debut album dari Gluff bertajuk 'Tomorrow Knows Something' yang baru aja rilis pada tengah bulan lalu (15/10) via Forts Records.

Baca Juga: Cita-citanya jadi Musisi Jazz Nggak Kesampaian, Ahmad Dhani: Kurang Bakatnya

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular