Follow Us

Nggak Cuma Seattle Sound & British Invasion, Berikut 5 Genre Musik Rock Lain yang Jadi Ciri Khas Kota/Negara Dunia!

Mohammad Farras Fauzi - Rabu, 03 November 2021 | 14:05
White Shoes and The Couple Company Siapkan 2020 Bingkisan untuk Album Barunya
WSATCC

White Shoes and The Couple Company Siapkan 2020 Bingkisan untuk Album Barunya

HAI-Online.com - Perkembangan industri musik dan gelombang persebaran musik rock di masa lampau merupakan dua entitas yang nggak dapat terpisah antara satu sama lain.

Meskipun saat ini, banyak penggiat musik yang menyerukan bahwa terma “aliran” atau rock sebagai genre musik sudahlah usang dan nggak lagi relevan untuk digunakan sebagai identitas seorang musisi atau band sekalipun.

Pemegang kendali industri hiburan dan musik di Korea Selatan menangkap dengan baik permintaan pasar tersebut dan berhasil meracik formula ajaib yang terbukti, dalam kurun satu dekade terakhir Korean wave dengan K-popnya sangatlah mendominasi tangga lagu di seluruh dunia.

Melekatnya unsur kental oriental khas Korea berhasil diracik dengan berbagai elemen musik yang mudah didengarkan di telinga masyarakat tanpa ada embel-embel genre apapun, sehingga K-pop justru diafiliasikan dengan gelombang dan genre musik baru, yang bisa dikatakan sangatlah sukses.

Baca Juga: Kim Jong-un: Ngefans K-pop Sangatlah Berbahaya, Kayak Kanker Ganas

Jauh sebelum menggerilyanya Korean wave yang saat ini berhasil merebut hati milyaran orang, terdapat beberapa pergerakan dalam industri myuzique rock yang memiliki peran cukup penting dalam mempengaruhi terciptanya karya-karya musik baru nan segar saat ini.

Gelombang-gelombang musik ini memang sangatlah besar pada masanya, meski emang hanya berkembang dan populer di negara dan kawasan tempat pergerakan tersebut berasal.

Nggak bisa dipungkiri bahwa budaya Rock and roll yang tersebar secara alami dari Amerika Serikat pasca Perang Dunia II adalah titik balik dari tumbuhnya gelombang musik tersebut.

Dengan bantuan jaringan internet dan keuletan para ”pelaku skena“ di era 2000-an, gelombang ataupun pergerakan musik ini justru sukses menjadi harta karun mewah dan mulai mendapatkan porsi untuk diputar di streaming service kesayangan kalian.

Baca Juga: Kita Udah Akrab Banget Sama Belanja Online, Tapi Apakah Kita Bahagia?

Kali ini, HAI akan mencoba untuk mengajak kalian untuk berkeliling dunia dan mengulik beberapa gelombang dan pergerakan musik rock dari seluruh dunia yang mungkin masih tidak terekam jejaknya secara masif.

Musik rock alternatif yang kita kenal nggak cuma terbatas dari Seattle sound dan British Invasion fren, berikut 5 sebaran musik rock yang berhasil terangkum oleh HAI. Sikat, fren.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest