Follow Us

Jadi Single yang Mempopulerkan Dewa 19, Ahmad Dhani Justru Sebut ‘Kangen’ sebagai Lagu ‘Kacangan’

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 07 November 2021 | 20:02
Dewa 19 formasi pertama
Dok. HAI

Dewa 19 formasi pertama

HAI-Online.com – Dibentuk pertama kali pada 1987, Dewa 19 merilis album debut studionya pada 2019 yang bertajuk ‘19’.

Album tersebut secara nggak terduga langsung bisa menggebrak skena musik Tanah Air waktu itu lewat lagu-lagu pop rock yang mereka usung.

Dua trek di album ini, ‘Kangen’ dan ‘Kita Sedang Tidak Bercinta Lagi’ menjadi single hits yang memperkenalkan band asal Surabaya tersebut ke panggung yang lebih besar.

Namun terlepas dari fakta bahwa lagu-lagu tersebut masih sering diputar bahkan sampai saat ini, Ahmad Dhani justru menyebut lagu-lagu yang mereka buat saat itu, khususnya ‘Kangen’, sebagai lagu yang biasa aja.

Pentolan Dewa 19 tersebut malah cenderung menyebut single dari album debut mereka ini sebagai lagu yang “kacangan”.

“Jadi waktu bikin Kangen, yang menurut saya itu lagu “kacangan”, kebetulan waktu itu seleranya masyarakat Indonesia ya segitu,” ujar Ahmad Dhani saat ngobrol bareng presenter Helmy Yahya, mengutip channel YouTube Helmy Yahya Bicara, Minggu (7/11/2021).

Baca Juga: Ahmad Dhani Kagumi Penampilan Ari Lasso dan Wawan Pas Bawain Lagu Rock Sama Outsider di Festival Musik Surabaya

Ahmad Dhani beralasan, lagu semacam ‘Kangen’ bisa tercipta karena mereka menyesuaikan zaman saat itu, yang ia sebut belum setinggi sekarang.

“Itu matching sama zamannya, saat orang-orang belum tinggi seleranya terhadap musik. Kalau seandainya waktu itu orang Indonesia selera musiknya tinggi banget, mungkin ya Dewa 19 nggak menjadi perhatian,” ungkap Dhani.

Menariknya, menurut Dhani, selera orang Indonesia di masa itu memang bisa dibilang berjalan beriringan dengan musik yang diusung Dewa 19. Hal itulah yang membuat Dewa 19 nggak kesulitan menembus industri musik tanah air dari era 90-an hingga awal milenium baru.

“Tapi waktu itu mungkin kita kebetulan selera musiknya bareng berangkatnya, beranjaknya sama orang-orang Indonesia saat itu,” bebernya.

Alhasil, lagu-lagu yang mereka buat pun hampir selalu diterima di telinga masyarakat. Termasuk saat Dewa 19 mulai membawa musik yang cukup “berat” di album Pandawa Lima (1997).

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular