Follow Us

Perjalanan Kosmik dari The Artchemists Melalui Debut EP 'Cosmic Drop'

Mohammad Farras Fauzi - Minggu, 10 Oktober 2021 | 21:05
The Artchemists
Press Photo / Strangest Records

The Artchemists

HAI-Online.com - Siapa bilang asupan rock psikedelik purba udah ketinggalan zaman? Sub-genre musik rock yang merebak bersamaan dengan hadirnya kultur imajinatif dari para pemuda 1960-an di USA ini sudah sukses bertahan selama hampir setengah abad, fren.

Meski banyak perombakan dan pergeseran makna sana-sini, nggak sedikit kok grup musik yang tetep konsisten untuk menggenggam laju musiknya berdasarkan semangat ini.

Setidaknya ini lah pemetaan awal yang ditangkap oleh HAI ketika menilik rangkaian karya terbaru dari band belia bernama The Artchemists.

Baca Juga: HAI Demos: The Archemists, Hadirkan Rona Baru Psikedelia Penuh Makna

Melihat namanya aja, udah kelihatan kalo trio berisikan Robby Agustiar (vokal & gitar), Bryan Achsan (drum), dan Nusantara Aditya (gitar) ini sangat mengagungkan proses kesinambungan antar manusia dan semestanya dalam berkarya.

Nggak berbeda jauh dengan ideologi yang mereka anut, sebuah EP terbaru bertajuk 'Cosmic Drop' yang lahir akhir bulan lalu (30/09) via Strangest Records sukses merajut segala kesinambungan semesta tersebut.

Baca Juga: Goodnight Electric Lepas Single Baru 'Eraluka', Lengkap dengan Dokumenter Breakdancer Indonesia

Imajinatif, eksploratif, dan sangat filosofis adalah tiga kata yang sekiranya sangat tepat untuk menggambarkan enam trek yang sengaja ditata sedemikian rupa untuk menghadirkan pengalaman kosmik yang diterima oleh pendengarnya.

Nuansa psikedelia yang kontemplatif oleh The Artchemists ini emang paten dan cenderung tradisional, namun kadar psikedelik yang mereka ramu sama sekali nggak berlebihan.

Justru secara cerdas, ramuan yang dihasilkan oleh trio ini juga menghadirkan kebaharuan baru di rona psikedelia sehingga nggak gitu-gitu aja.

Meski nggak bisa dipungkiri, mendengarkan mereka nggak akan melepaskan ingatan kita akan yang dilakukan oleh Kevin Parker bersama Tame Impala-nya pada era self-titled EP (2009) dan 'Lonerism' (2010).

Penasaran gimana The Artchemists mengajak kalian berjalan-jalan melintasi batas ruang dan waktu? Simak EP 'Cosmic Drop' di bawah:

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest