Follow Us

'Bukan Cinta Manusia Biasa' Jadi Lagu Terbaik Dewa 19, Ahmad Dhani: Sayangnya Nggak Laku

Ferry Budi Saputra - Rabu, 06 Oktober 2021 | 16:25
Dewa 19 era 'Laskar Cinta'
via Tribun News

Dewa 19 era 'Laskar Cinta'

HAI-Online.com - Dewa 19 merupakan band legendaris yang sudah mewarnai dunia musik Indonesia sejak tahun 90-an hingga sekarang. Sudah banyak karya musik hebat yang mereka ciptakan.

Bahkan, nggak sedikit lagunya yang masih diperdengarkan kalangan anak muda hingga saat ini. Mungkin banyak yang berpikir lagu Kangen atau lagu dari album Bintang Lima yang menjadi lagu terbaik Dewa 19. Namun, nyatanya Ahmad Dhani menyebut lagu Bukan Cinta Manusia Biasa lah yang menjadi lagu terbaik band tersebut.

Bukan tanpa sebab, dianggapnya lagu Dewa 19 tersebut sangat lengkap dari segi kualitas musik. Bahkan, dia nggak ragu untuk menyanjung suara Once di lagu tersebut yang diakuinya sudah sangat matang.

"Padahal menurut Dewa 19, lagu itu paling keren dari Dewa 19, liriknya paling keren, video klipnya paling keren, aransemennya paling keren. Nggak laku," ungkapnya dalam YouTube Rian Ekky Pradipta.

Sayangnya, Ahmad Dhani menyebut kalo rilisnya lagu Bukan Cinta Manusia Biasa di tahun 2010 menurutnya nggak pas sehingga pasar nggak bisa menerima lagu itu dengan baik.

"Penontonnya mulai downgrade. Udah, semenjak itu Dewa nggak bikin lagu lagi," ucapnya.

Baca Juga: Sosok Ini Paling Berjasa Buat Dewa 19, Nggak Ada Dia Nggak Bisa Rekaman Album Pertama

Sedangkan, Ahmad Dhani menjelaskan lagu Kangen ciptaannya bisa diterima pasar itu dikarenakan pas dengan selera musik Indonesia pada zaman itu. Padahal menurutnya lagu itu memiliki kualitas yang buruk dan aransemennya dibilang norak.

"Jelek lah Kangen, soundnya ancur aduh. Aransemennya gitu ih norak banget, tapi it works gitu," ungkapnya.

Ahmad Dhani sangat bersyukur karena lagu Kangen itu muncul di saat yang tepat sehingga bisa meledak di pasaran, meski jelek dari segi kualitas rekaman. Hal ini juga nggak terlepas dari para penggemar masa itu yang disebutnya masih norak.

"Untung waktu itu penggemarnya juga banyak yang norak kan, kalo nggak? Waduh. Bayangin aja Kangen muncul di tahun '97 pasti nggak laku," ucapnya.

Selain lagu Kangen, Ahmad Dhani mengungkapkan lagu Kirana yang muncul di tahun 97 dan album Bintang Lima yang muncul di tahun 2000 itu pas sama momen dan selera musik orang Indonesia sehingga bisa populer.

Baca Juga: Penuh Perjuangan Modalin Dewa 19 untuk Rekaman Album Pertama, Produser: Sampe Ngejual Mobil BMW Gue

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest