Follow Us

Inilah Band Luar yang Jadi Referensi Dewa 19 di Era 90-an Mereka, dari Toto sampai Counting Crows

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 28 September 2021 | 19:46
Dewa 19 - Kangen
YouTube/ Aquarius Musikindo

Dewa 19 - Kangen

HAI-Online.com – Tahun 90-an bagi Dewa 19 mungkin menjadi masa keemasan mereka. Gimana nggak, di awal kariernya, band rock asal Surabaya tersebut secara mengejutkan bisa mendobrak kancah musik Tanah Air lewat album debutnya, '19'.

Mengusung pop rock dan sentuhan fusion, popularitas Dewa 19 melambung lewat lagu-lagu seperti 'Kangen' dan 'Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi'.

Baca Juga: Reza Rahadian Gagal Jadi Pilot dan Berenang, tapi Temukan Passion Baru di Usia Remaja

Nggak jadi one hit wonder, kesuksesan mereka pun berlanjut ke album-album mereka berikutnya, dari Format Masa Depan, Terbaik Terbaik hingga Pandawa Lima.

Namun sebenarnya apa sih yang jadi referensi Ahmad Dhani cs saat membuat lagu yang hingga saat ini masih jadi all-time hits tersebut?

Kepada vokasli D'Masiv, Rian Ekki Pradipta, Ahmad Dhani membeberkan sejumlah musisi mancanegara yang mengilhami Dewa 19 di tahun '90-an saat jadi bintang tamu di channel YouTubenya pada 2020 lalu.

"Kita pakemnya karena kita memang punya basic fusion, tentunya kalo nggak Toto, ya Chicago. Chicago sampai sekarang masih malah," jawab Dhani saat Rian menanyakan band dari luar negeri yang mengilhaminya.

Baca Juga: Ngomongin Soal Arti Cinta, Ahmad Dhani: Semua Udah Ada di Lagu yang Gue Buat

Ahmad Dhani juga menegaskan bahwa referensi yang mereka ambil saat itu nggak selalu harus band yang populer.

"Ada grup band tapi nggak terlalu terkenal, namanya Roxus. Tahun itu jadi salah satu acuan," ujarnya.

Dalam podcast tersebut, Ahmad Dhani juga mengungkapkan bahwa Dewa 19 menjadi band yang cukup dinamis mengikuti perkembangan musik dunia saat itu.

Menurutnya, musik Indonesia di tahun 90-an awal punya kedekatan yang erat dengan musik dunia. Alhasil tren musik saat itu masuk pula ke tubuh Dewa 19.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest