Follow Us

Rame Tweet soal Campur Sampo dengan Kopi Buat Keramas, Ini Penjelasan Dokter

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 04 Oktober 2021 | 12:05
Ilustrasi kopi
Pexels/Foodie Factor

Ilustrasi kopi

HAI-Online.com – Benarkah selain jadi minuman, kopi bisa dijadiin sampo? Banyak netizen yang bertanya soal hal tersebut setelah sebuah postingan menunjukkan campuran sampo dan kopi bubuk yang diklaim bisa mencegah kerontokan rambut.

"Nyobain D.I.Y kopi + shampoo. A THREAD. Spoiler kombinasi ini gila bgtttt bikin rambut jdi super halus dan ngurangin rontok," tulis akun Twitter @beautilogbytan pada Sabtu (2/10/2021).

Baca Juga: Ada Alasan Kenapa Cowok Punya Bulu di Dada, Tanda Cerdas dan Menarik Lawan Jenis

Namun apakah kopi itu bener-bener bisa berkhasiat buat rambut sebagaimana yang disebutkan pada tweet tersebut?

Menurut Dosen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, dr Ismiralda Oke Putranti, SpKK, mencampur sampo dengan bubuk kopi itu memang ada lho, yang biasa disebut dengan coffee rinse.

Ia menjelaskan, keramas menggunakan coffee rinse sebenarnya sudah lama dilakukan. Meski begitu, hingga saat ini belum banyak penelitian yang mendukung pengaruh penggunaan bubuk kopi pada kulit kepala.

"Tapi dari beberapa penelitian, kafein yang terdapat dalam kopi tampaknya memberikan beberapa manfaat termasuk memperbaiki tampilan dan tekstur rambut," ujar Oke, seperti dikutip Kompas.com, Minggu (3/10/2021).

Dikatakan Oke, ada beberapa efek kafein pada kopi yang berpengaruh pada kulit kepala dan rambut, antara lain:

  • Memperbaiki pertumbuhan rambut pada masalah kerontokan rambut dan kebotakan.
  • Membantu membuat rambut tampak lebih halus dan bercahaya.
  • Membantu menutup uban.
Baca Juga: Nggak Cuma Dialami Lansia, Ini 7 Penyebab Uban di Rambut Anak Muda

Ia mengatakan, untuk masalah kerontokan rambut, kafein pada kopi bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan dengan membantu memperkuat akar rambut.

"Pada kasus kebotakan (alopesia androgenik) baik pada pria maupun wanita, kafein bekerja dengan menghambat hormon dihydrotestosterone (DHT) yang dapat mengecilkan/merusak folikel rambut," ujar Oke.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest