Follow Us

Hal yang Sebaiknya Lo Lakukan saat Berkendara di Kondisi Hujan Deras dan Angin Kencang

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 29 September 2021 | 07:00
Ilustrasi naik motor saat hujan.
PIXABAY/QIMONO

Ilustrasi naik motor saat hujan.

HAI-Online.com – Sebagaian wilayah di Indonesia belakangan ini dilanda hujan deras disertai angin kencang.

Kondisi ini pastinya sangat berbahaya untuk berkendara sepeda motor. Hujan deras yang disertai angin kencang sering kali membuat pohon-pohon besar menjadi tumbang.

Baca Juga: Mau Jadi Bintang SMA 2021, Reza Rahadian: Jangan Pikirin Kata Orang atau Ikutin Juri tapi Submit yang Kamu Suka

Selain itu, banyak juga tiang papan iklan atau billboard yang patah dan rubuh.

Saat Hujan Deras Dalam kondisi tersebut, walaupun pengendara sudah menggunakan jas hujan, jangan asal tancap gas. Namun kita juga harus mengutamakan keselamatan sebagai yang utama.

Jadi, jangan memaksakan untuk melanjutkan perjalanan dan segera mencari tempat aman untuk berteduh. Tapi jangan berteduh di tempat-tempat seperti underpass atau di bawah jembatan penyebrangan, ya, karena sama saja nggak aman.

Baca Juga: Jangan Asal Terabas, Perhatiin Batas Aman Bermotor saat Banjir

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant, mengatakan, seharusnya ketika sudah mulai terlihat akan turun hujan yang lebat dan berskala tinggi, sebaiknya pengendara apapun urungkan niat untuk jalan. Terutama bagi pengendara motor.

"Bagi pengemudi motor yang sudah terlanjur berada di perjalanan saat turun hujan, jangan berteduh di bawah pohon ataupun di halte yang semi permanen," ujar Sony, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sony mengungkapkan, akan lebih baik berteduh di tempat yang memiliki konstruksi bangunan yang kokoh, seperti ruko atau mini market.

Menurutnya, apabila berteduh di bawah pohon, lampu penerangan jalan, atau bangunan yang sifatnya nggak kokoh, berisiko kejatuhan benda keras jika ada embusan angin kencang.

Baca Juga: Viral 'Kipas Angin On The Road’ di Semarang, Ternyata Inilah Fungsinya

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest