Follow Us

Inilah 8 Prospek Kerja Lulusan Sarjana Pendidikan Selain Jadi Guru

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 23 September 2021 | 14:10
Jurnalis asal Inggris, Luke Jones.
Wikimedia

Jurnalis asal Inggris, Luke Jones.

HAI-Online.com – Meski dibekali materi untuk penjadi seorang pendidik, lulusan jurusan Pendidikan itu nggak harus jadi guru, lho!

Buat kamu yang sedang berkuliah di fakultas pendidikan atau sebentar lagi lulus menjadi sarjana pendidikan, bisa saja mempertimbangkan karier selain guru. Profesi tersebut pun bisa dibilang nggak kalah menjanjikan.

Melansir laman campuspedia, simak nih 8 pekerjaan yang cocok untuk sarjana pendidikan.

Baca Juga: Inilah 10 Universitas Terbaik di Dunia Versi THE WUR 2021, 8 Ada di Amerika Serikat

  1. Dosen
Prospek kerja sarjana pendidikan selain menjadi guru yang pertama adalah berkarir sebagai dosen.

Baik guru dan dosen memang memiliki tugas dan kewajiban yang sama yaitu mendidik dan mengajar siswa atau mahasiswa.

Namun, jika ingin menjadi seorang dosen kamu harus memiliki gelar magister atau S2 terlebih dulu.

Beberapa kampus juga akan meminta untuk melanjutkan sekolah S3 guna meningkatkan kredibilitas dosen serta kualitas perguruan tinggi.

Meskipun proses menjadi dosen cukup panjang, ternyata karir sebagai dosen juga lama loh yaitu hingga usia 65 tahun sebelum pensiun. Bahkan, jika dosen tersebut memiliki gelar profesor dapat aktif mengajar hingga usia 70–75 tahun.

  1. Bekerja di Instansi Pemerintahan
Prospek kerja sarjana pendidikan berikutnya adalah bekerja di instansi pemerintahan. Instansi Pemerintah seringkali membutuhkan pegawai yang memiliki keahlian khusus untuk ditempatkan di divisi tertentu. Misalnya, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) lulusan sarjana pendidikan akan dibutuhkan di divisi pengembangan kurikulum.

Kemudian, bagi kamu yang merupakan lulusan program studi Pendidikan Bahasa, baik Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, kamu bisa punya kesempatan untuk bekerja di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) atau Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

  1. Penulis
Bagi kamu sarjana pendidikan yang cinta dengan dunia literasi, pilihan karir sebagai penulis bisa jadi pertimbangan. Sebab, profesi ini bisa digeluti oleh siapa pun yang memiliki kreativitas tinggi dan kemampuan menyampaikan informasi dengan baik dalam tulisan.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest