Follow Us

Inilah 10 Universitas Terbaik di Dunia Versi THE WUR 2021, 8 Ada di Amerika Serikat

Ferry Budi Saputra - Rabu, 22 September 2021 | 11:05
Harvard University
Shutterstock

Harvard University

HAI.Online.com - Mungkin lo pernah penasaran sama universitas terbaik yang ada di dunia. Kira-kira ada di negara mana aja sih?

Nah, untuk menjawab pertanyaan lo, kayaknya pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2021 perlu lo simak. Pemeringkatan ini menilai universitas-universitas terbaik di dunia dalam kategori pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, serta komponen internasional.

Peringkat tahunan tersebut menilai lebih dari 1.500 institusi pendidikan tinggi di 93 negara dan kawasan. Universitas terbaik versi THE WUR 2021 tahun ini jatuh kepada Oxford University di Britania Raya yang menduduki peringkat pertama, tetapi peringkat 2-5 dan 7 hingga 10 ditempati oleh universitas di Amerika Serikat (AS).

Melansir Kompas.com, informasi dari website Share America, Selasa (21/9/2021), berikut ini 10 universitas terbaik berdasarkan urutan versi THE WUR 2021:

Baca Juga: Telkom University Buka Seleksi Beasiswa S1, Cek Syarat Pendaftarannya Nih

1. University of Oxford 2. Stanford University 3. Harvard University 4. California Institute of Technology 5. Massachusetts Institute of Technology 6. University of Cambridge

Baca Juga: Minat Kuliah di Singapura? Inilah 3 Universitas Berkualitas yang Bisa DiPilih

7. University of California, Berkeley. 8. Yale University 9. Princeton University 10. University of Chicago.

Pada pemeringkatan tersebut, University of California, Berkeley, naik enam peringkat dari tahun sebelumnya, kini berada di peringkat 7.

Sejumlah universitas terbaik di Amerika Serikat yang berfokus pada sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) juga masuk dalam jajaran universitas dengan peringkat tertinggi.

Beberapa universitas terbaik AS dengan fokus STEM yang kuat antara lain:

  • Stanford University (menduduki peringkat 2 secara keseluruhan)
  • Harvard University (berada di peringkat 3)
  • Massachusetts Institute of Technology (berada di peringkat 5). Selain itu Massachusetts Institute of Technology juga memperoleh nilai tertinggi dalam bidang seni dan humaniora.
Nah itu tadi 10 universitas terbaik versi Times Higher Education World University Rankings 2021. Ada 8 universitas dari Amerika yang masuk dalam peringkat.

Baca Juga: Simak Nih 3 Profesi yang Meski Dibutuhin tapi Masih Sepi Peminat

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 dari 10 Universitas Terbaik di Dunia Ada di Amerika Serikat"

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest