Follow Us

Udah Mau Musim Hujan, Jangan Sembarangan Pilih Mantel Kalo Motoran!

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 17 September 2021 | 12:05
Pengendara sepeda motor yang menggunakan jas hujan ponco menutupi lampu rem dan sen.
Kompas.com/Unoviana Kartika

Pengendara sepeda motor yang menggunakan jas hujan ponco menutupi lampu rem dan sen.

HAI-Online.com – Di bulan September ini hujan deras udah mulai mengguyur sebagian daerah di Indonesia. Kondisi cuaca seperti ini harus disiasati oleh pengendara sepeda motor dengan menyiapkan perlengkapan tambahan saat bepergian, salah satunya mantel atau jas hujan.

Perlengkapan ini jadi hal yang vital untuk selalu disiapkan agar dapat menjaga pengendara nggak kebasahan saat berkendara.

Namun, lo juga mesti merhatiin tipe jas hujan yang bakal dipake saat berkendara di musim hujan. Soalnya, salah memilih tipe jas hujan bisa menyebabkan kecelakaan, sob.

Nah, jas hujan tipe ponco jadi salah satu yang paling sering digunakan ketika berkendara di tengah hujan. Selain desainnya yang praktis untuk dikenakan, satu jas hujan ponco bisa digunakan untuk dua orang saat berboncengan.

Baca Juga: Bocor Mulu, Ini 4 Tanda Ban Motor Kalian Sebaiknya Diganti

Sayangnya tanpa disadari, di balik kepraktisannya, jas hujan tipe ponco memiliki risiko bahaya dan mencelakakan bagi penggunanya yang tengah berkendara.

Terkait hal ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, sebenarnya sangat nggak disarankan mengenakan jas hujan ponco untuk perlengkapan berkendara.

Ia menjelaskan, ujung jas hujan ponco dapat tersangkut pada gir belakang dan menyebabkan pengendara terjatuh.

“Jas hujan ponco juga rawan tersangkut ke pengendara lain di sisi kanan dan kirinya. Selain itu, dapat pula tersangkut pada tali-tali pengait pada mobil barang atau mobil bak terbuka," ujarnya, seperti dikutip Kompas.com belum lama ini.

Nggak heran, sebab desain jas hujan ponco memiliki ujung-ujung yang mudah berkibar saat terkena angin ketika dibawa berkendara. Berbeda dengan desain jas hujan berbentuk atasan dan bawahan alias two pieces yang mirip seperti baju dan celana dan pada umumnya.

Baca Juga: Berkendara di Jalan Raya Nggak Boleh Ragu-Ragu, Bisa Bikin Bingung Pengendara Lain!

Selain bahaya tersangkut, Agus juga mengatakan risiko jas hujan ponco menutupi lampu sein belakang dan lampu rem.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular