Follow Us

Ketahui Sekarang, 7 Fauna Pulau Jawa yang Statusnya Hampir Punah

Ferry Budi Saputra - Kamis, 02 September 2021 | 16:20
Elang Jawa
Pixabay.com

Elang Jawa

HAI-Online.com - Buat lo yang tinggal di Pulau Jawa, tau nggak sih kalo sebenarnya Pulau Jawa memiliki fauna asli.

Baca Juga: 5 Warna Paling Banyak Ditemui di Alam Semesta, dari Biru sampai Hitam

Namun, sayangnya beberapa fauna Pulau Jawa berstatus terancam punah. Banyak penyebabnya seperti kehilangan habitat akibat kerusakan yang dilakukan oleh manusia atau pemburuan karena fauna tersebut bernilai tinggi untuk dijual.

Melansir Kompas.com, informasi dari International Animal Rescue Indonesia, berikut ini fauna Pulau Jawa yang hampir punah:

1. Banteng Jawa

Banteng Jawa (Bos javanicus) merupakan salah satu fauna Pulau Jawa yang hampir punah. Keberadaannya kini dilindungi oleh Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Baluran, dan Taman Nasional Bali Barat. Pembukaan lahan oleh manusia menjadi salah satu ancaman bagi keberdadaan banteng Jawa.

2. Babi kutil

Babi kutil (Sus verrucosus) adalah hewan yang cuma ada di Pulau Jawa dan Pulau Bawean. Babi yang fisiknya sangat mirip dengan babi hutan ini sempat diduga punah hingga pada tahun 2017 keberadaan babi kutil kembali ditemukan.

3. Macan tutul Jawa

Macan tutul Jawa (Panthera pardus melas) merupakan salah satu hewan yang terancam punah. Pada tahun 2008, jumlah populasinya nggak lebih dari 250 ekor. Menurut para ahli, kelangkaan populasi macan tutul Jawa disebabkan oleh berkurangnya habitat alami hewan tersebut.

Baca Juga: Kenapa Sih Biskuit Selalu Bolong-Bolong? Ternyata Ada Alasannya

4. Badak Jawa

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest