Follow Us

Ahli Bilang Semut-Semut di TV dan Kresek-Kresek Radio, Bukti Keberadaan Big Bang di Luar Angkasa

Al Sobry - Sabtu, 21 Agustus 2021 | 10:22
Ahli Bilang Semut-Semut di TV dan Kresek-Kresek Radio, Bukti Keberadaan Big Bang di Luar Angkasa
Cnet

Ahli Bilang Semut-Semut di TV dan Kresek-Kresek Radio, Bukti Keberadaan Big Bang di Luar Angkasa

HAI-Online.com - Pernah dong lagi nonton bola eh malah menyaksikan semut dan kresek di tv atau ada juga suara-suara gesekan di ruang dengar kita saat sedang menyimak siaran radio?

Seperti diketahui, pada musim hujan seperti saat ini, biasanya sebagian masyarakat yang memiliki televisi analog atau khususnya televisi tabung yang berantena dan atau pita kaset Video Home System, mengalami kondisi "semut" atau gambar di dalam TV.

Gambar semut itu kadang menghilang dan muncul lagi garis-garis acak hitam-putih.

Pada televisi digital kondisi semut ini juga bisa terjadi, tetapi cenderung terlihat lebih mulus dan tidak terlalu acak dikarenakan kuantisasi yang bersifat inheren.

TV kekinian

TV kekinian

Sedangkan, pada perangkat radio analog, biasanya akan terjadi suara derau atau kresek-kresek tidak jelas yang mengganggu.

Pola acak yang terjadi pada radio dan TV itu adalah hasil dari derau (noise) elektromagnetik yang tertangkap oleh antena penerima.

Kaitannya dengan Big Bang Apa?

Peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Andi Pangerang dalam tulisannya di edukasi sains Lapan menjelaskan, banyak sumber derau (noise) elektromagnetik yang menghasilkan pola tampilan statik seperti di tv dan radio ini.

Derau atmosfer merupakan sumber yang paling dominan, mencakup sinyal-sinyal elektromagnetik yang tercipta akibat "fosil" big bang berupa cosmic microwave background (CMB) atau radiasi kosmis yang dapat kita observasi saat ini dan atau derau gelombang radio berskala lokal dari perangkat elektronik lain di dekatnya.

Meskipun demikian, kata Andi, sebenarnya perangkat tampilan itu sendiri juga merupakan sumber derau.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest