Follow Us

Kenapa Penggemar Dewa 19 Dinamai Baladewa? Ternyata Begini Asal Usulnya

Ferry Budi Saputra - Rabu, 01 September 2021 | 10:25
Dewa formasi Bintang Lima. Kiri-kanan: Tyo, Dhani, Once, Andra
Dok. HAI

Dewa formasi Bintang Lima. Kiri-kanan: Tyo, Dhani, Once, Andra

HAI-Online.com - Baladewa merupakan sebutan untuk para penggemar Dewa 19. Tapi, ternyata ada sejarahnya kenapa dinamai Baladewa.

Eks drummer Dewa 19, Wawan Juniarso, mengatakan nama Baladewa ada hubungannya dengan sejarah perjalanan awal karier Dewa 19.

Menurutnya, setelah album pertama Dewa 19 rilis pada tahun 1992, semua personel sudah mulai sering tinggal di Jakarta. Mereka sering berpindah-pindah untuk nginep seperti di rumah eksekutif produser di Jalan Kwitang dan rumah Omnya Wawan Juniarso.

Setelah mengingat perkataan Ahmad Dhani, Wawan bilang gara-gara sering main dan nginep pas album pertama Dewa 19 di rumah Omnya di Jalan Baladewa, Jakarta Pusat, maka dari situ terucap sebutan untuk para penggemar menjadi Baladewa.

Mengenang momen selama di rumah Omnya yang kini telah tiada, Wawan Juniarso mengatakan dia dan Ari Lasso sering banget nongkrong bareng sama warga dan teman-teman di Jalan Baladewa.

Ada cerita unik ketika mereka sering nongkrong di sana. Singkat cerita, dia dan Ari Lasso dekat dengan salah satu warga di sana yang dijuluki Sys NS. Mereka bertiga saat itu pergi ke klub malam di daerah Blora, Jakarta Pusat.

Baca Juga: MALIQ & D’Essentials Akui Cover Lagu Dewa 19 Adalah 'Beban', Ahmad Dhani: Alhamdulillah Mereka Artis Kreatif

Setelah have fun selama di sana, orang yang dipanggilnya Sys NS tadi meminta mereka untuk pulang lebih dulu kembali ke Jalan Baladewa. Ternyata Sys NS bilang mau traktir mereka berdua. Namun, pulangnya dia mengaku kepada Ari Lasso dan Wawan kalau dia nggak punya duit.

"Dia bela-belain nyuruh Ari Lasso dan gue pulang ke rumah Om gue dan dia bilang mau traktir kita. Siangnya ketemu, dia cerita nggak punya duit terus dia punya kartu anggota member salah satu organisasi terbesar di Indonesia. Karena cuma modal kartu anggota organisasi itu, nggak pandang bulu klub itu. Si Sys NS dateng-dateng udah bengep ditonjokin security klub malem itu," ungkap Wawan.

Ternyata modal kartu keanggotaan itu, nggak bikin pihak klub malam melunak. Tetap aja, nggak punya duit saat itu ya dihajar juga. Tapi, Wawan mengaku berterima kasih karena kebaikan Sys NS yang punya niat untuk mentraktir dia dan Ari Lasso.

Sementara itu, dia mengungkapkan pada saat para personel Dewa 19 masih sering nginep di rumah Omnya di Jalan Baladewa, mereka masih dalam masa promosi demo single kedua berjudul 'Swear' ke berbagai acara termasuk salah satunya acara musik di RCTI.

Selain itu, Wawan Juniarso juga sempat berkunjung ke tempat Omnya dulu tinggal di Jalan Baladewa pada masa para personel Dewa 19 sering mendatanginya. Namun, kini tempat bersejarah bagi Dewa 19 sudah jadi minimarket. Ternyata itulah, sejarah asal usul sebutan Baladewa untuk para penggemar Dewa 19.

Baca Juga: Jelasin Perbedaan Dewa 19 dengan Slank, Ahmad Dhani: Beda Pasar, Pasarnya Dewa yang Bisa Beli Tiket Mahal

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest