Follow Us

Akui Dewa 19 Cukup Berpengaruh dalam Perjalanan Bermusiknya, Eross Candra: Album Terbaik Terbaik Itu Breakthrough!

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 05 Agustus 2021 | 13:30
Eross Candra
Andreas Lukas Altobeli/KOMPAS.com

Eross Candra

HAI-Online.com – Sebagai salah satu band rock legendaris Indonesia yang berjaya di era 90-an, bahkan hingga saat ini, Dewa 19 telah memberikan pengaruh bagi para musisi Tanah Air lainnya, nggak terkecuali Eross Candra.

Gitaris Sheila on 7 tersebut mengungkapkan bahwa perjalanan bermusiknya sedikit banyak terilhami oleh band besutan Ahmad Dhani dkk tersebut.

Eross menyebut album Terbaik Terbaik yang dirilis Dewa 19 pada 1995 menjadi salah satunya, yang menurutnya membawa terobosan baru di industri musik Tanah Air saat itu.

“Album Terbaik Terbaik sendiri termasuk salah satu the best-nya di era Ari Lasso. Aku sendiri favoritnya Pandawa Lima. Cuma yang kedua adalah Terbaik Terbaik,” ujarnya, mengutip channel YouTube Video Legend pada Kamis (5/8/2021).

Baca Juga: Ngomongin Soal Referensi Musik Ahmad Dhani, Virzha: Dia Aneh tapi Gawat

Sebelum tergabung dalam Sheila on 7, Eross yang saat itu masih SMA bahkan menceritakan pernah membuka konser Dewa 19 bersama band remajanya saat itu, Dizzy yang juga beranggotakan Icha dan Adit dari Jikustik.

“Dan Dizzy tuh pernah membuka Dewa 19 di era album Terbaik Terbaik,” tutur musisi 42 tahun tersebut.

Di usianya yang masih remaja, ia nggak memungkiri pengaruh musik Dewa 19 cukup kuat bagi remaja di era itu.

“Album Terbaik Terbaik menurutku termasuk breakthrough secara sound. Secara sound kayak pemisah dari dua album Dewa sebelumnya. Meloncat gitu, nggak cuma naik,” sambung Eross.

“Mereka yang seumuran saya pasti nggak bisa lepas dari album tersebut pada masa itu. Secara musikal pun terpengaruh. Intuisi musik lagi berkembang di usia segitu. Dewa 19 nggak cuma mainstream, tapi classy, berkelas,” bebernya.

Baca Juga: Cerita di Balik Jeep Bersejarah Slank, Bimbim: Udah Pernah Dibenerin 2 Orang, yang Satu Meninggal

Sementara kebanyakan orang mungkin memilih ‘Cukup Siti Nurbaya’ atau ‘Cinta ‘kan Membawamu’ sebagai trek favorit mereka, ia justru memilih ‘Manusia Biasa’ sebagai lagu jagoannya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest