Follow Us

Pengisi Suara Carl di Film 'Up' Meninggal Dunia di Usia 91 tahun

Ferry Budi Saputra - Senin, 30 Agustus 2021 | 16:36
Ed Asner
NME

Ed Asner

HAI-Online.com - Ed Asner, yang terkenal sebagai salah satu aktor TV terkenal sekaligus pengisi suara Carl dalam film Up (2009) meninggal dunia pada usia 91 tahun.

Baca Juga: Eddie Murphy dan Jonah Hill Bakal Main di Film Baru Bergenre Komedi

Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan oleh keluarganya, aktor itu meninggal pada Minggu (29/8/2021). Penyebab kematiannya nggak dipublikasikan secara lengkap.

"Kami minta maaf, kami harus mengumumkan sosok yang paling kami sayangi meninggal pagi ini dengan tenang," bunyi pernyataan itu.

“Kata-kata tidak bisa mengungkapkan kesedihan yang kami rasakan. Dengan kecupan di kepalamu. Selamat malam ayah. Kami mencintaimu," lanjut bunyi pernyataan.

Lahir pada tahun 1929 di Kansas City, Missouri, Edward David Asner memulai karir aktingnya di perguruan tinggi. Dia muncul di sejumlah produksi film di University of Chicago. Setelah bertugas di Korps Angkatan Darat AS pada awal 1950-an, ia pindah ke New York untuk mengejar karier di bidang akting sesuai dengan passionnya.

Baca Juga: Penampakan Kristen Stewart Lebih Anggun dan Dewasa Sebagai Princess Diana di Trailer 'Spencer'

Banyak program TV terkenal yang dibintanginya. Salah satunya sebagai Lou Grant, yang berprofesi sebagai wartawan yang sering mengeluh, di The Mary Tyler Moore Show dan seri spin-offnya, Lou Grant. Ada juga program lainnya seperti ER, Rich Man, Poor Man, Studio 60 On The Sunset Strip, Roots, The Good Wife dan baru-baru ini Cobra Kai.

Untuk film dia juga muncul di JFK, They Call Me Mister Tibbs!, Hard Rain dan lainnya. Dia memiliki karier yang luar biasa sebagai dubber terutama mengisi suara Carl Fredricksen di film Up dan berbagai film lainnya.

Suaranya juga akan muncul di film spin-off Up, Dug Days, yang akan dirilis di Disney+ minggu depan.

Selain itu, Asner telah menerima tujuh Emmy Awards, yang paling banyak dari setiap aktor pria dalam sejarah televisi. Lima untuk The Mary Tyler Moore Show, satunya di Roots dan satunya lagi dalam mini-seri Rich Man, Poor Man. Dia juga memenangkan lima Golden Globes dan merupakan penerima Screen Actors Guild Life Achievement Award.

Baca Juga: Demi Aksi Berbahaya di 'Mission: Impossible 7', Tom Cruise Lakuin 13.000 Kali Loncatan dengan Motor

Source : NME.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest