Follow Us

5 Profesi yang Masih Minim Pelamar, Padahal Dibutuhin Banget!

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 24 Agustus 2021 | 12:45
Cyber security jadi salah satu profesi yang dibutuhin banget saat ini.
Pixabay

Cyber security jadi salah satu profesi yang dibutuhin banget saat ini.

HAI-Online.com – Ada banyak pekerjaan yang menjadi inceran orang-orang. Di sisi lain, ada juga pekerjaan dan profesi yang minim pelamar meski posisinya sangat dibutuhkan perusaahaan.

Nah seiring dengan perkembangan industri, ada sejumlah profesi yang kini banyak dibutuhkan oleh dunia kerja, bukan karena profesi ini nggak menjanjikan, melainkan lulusan di bidang terkait belum tersedia banyak.

Padahal, sejumlah profesi tersebut menjadi yang paling bersinar senggaknya lima tahun ke depan menurut prediksi The Future of Jobs Report 2020 oleh The World Economic Forum (WEF).

Dirangkum dari laman Quipper Campus, ada beberapa jenis profesi yang saat ini sangat dibutuhkan tapi masih langka pelamarnya. Pasalnya, sejumlah profesi berkaitan dengan bidang ilmu atau skill tertentu yang wajib dikuasai jika ingin menggelutinya.

Yuk kita simak sama-sama!

1. Aktuaris

Berdasarkan data Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), hingga pertengahan 2019 baru ada sekitar 652 orang aktuaris saja di Indonesia.

Aktuaris merupakan jenis profesi yang memiliki tugas untuk menyelesaikan persoalan-persoalan pada sebuah bisnis, yang berhubungan dengan perhitungan risiko yang akan dihadapi perusahaan, misalnya dampak bencana untuk ekonomi dan kemajuan perusahaan ke depannya.

Seorang ahli aktuaris dibutuhkan oleh banyak perusahaan mengingat suatu perusahaan nggak akan pernah terlepas dari risiko yang nantinya akan menghambat kemajuannya. Dalam hal ini, kemampuan aktuaris dalam memperhitungkan risiko yang akan dihadapi, sangatlah dibutuhkan agar risiko tersebut bisa diantisipasi sebelumnya.

Kalo tertarik menjadi aktuaris, lo bisa memilih Jurusan Matematika, dan lebih spesifik lagi, carilah kampus yang menyediakan Peminatan Aktuaria di jurusan tersebut. Di jurusan ini lo akan mempelajari rumus dari teori Matematika, Statistika dan Probabilitas, serta Ilmu Keuangan dan Ekonomi.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Profesi Kekinian, Bisa Dikerjain dari Rumah Dan Uangnya Gede

2. Analyst Data

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest