Follow Us

Inilah 3 Tokoh Pengibar Bendera Merah Putih Pertama Saat Proklamasi RI

Ferry Budi Saputra - Kamis, 19 Agustus 2021 | 11:45
Pengibar Bendera Merah Putih di Istana Negara
YouTube/ Sekretariat Negara

Pengibar Bendera Merah Putih di Istana Negara

HAI-Online.com - Pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus, upacara pengibaran bendera Merah Putih selalu dilaksanakan di Istana Merdeka.

Para pasukan pengibar bendera (paskibra) yang berasal dari siswa SMA tentu menjadi pusat perhatian karena perannya yang vital dalam pengibaran bendera Merah Putih.

Baca Juga: Lomba Makan Kerupuk, Bukan Sekedar Lomba Ternyata Ada Sejarah Haru di Baliknya

Bicara soal pengibaran bendera Merah Putih, tahukah kamu siapa saja orang yang pertama kali mengibarkan bendera merah putih saat proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945?

Yap, ternyata ada tiga tokoh yang ikut andil dalam mengibarkan bendera merah putih saat proklamasi kemerdekaan.

Melansir Kompas.com, informasi dari laman platfrom edukasi Ruang Guru, Selasa (17/8/2021), ada 3 orang yang bertugas sebagai pembawa bendera, pengerek tali di tiang bendera dan sebagai pembentang bendera.

Berikut ini 3 tokoh yang mengibarkan bendera pada 17 Agustus 1945 yang perlu kamu ketahui.

1. Abdul Latief Hendraningrat

Cowok asal Jakarta yang lahir pada 15 Februari 1911 ini ikut andil dalam pengibaran bendera. Ayahnya merupakan seorang demang (atau bisa disebut camat di era sekarang) di daerah Jatinegara, Jakarta Timur.

Saat itu, Latief terdaftar di pelatihan ketentaraan bentukan Dai Nippon, Sinen Kunrenshoo (Pusat Latihan Pemuda) di tahun 1942 dan bergabung di PETA (Pembela Tanah Air).

Saat berada di PETA, Latief menempati posisi komandan kompi atau setingkat di bawah komandan batalyon yang merupakan posisi tertinggi di posisi tersebut.

Latief juga turut berperan untuk mendesak Soekarno-Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest