Follow Us

Bahas Industri Musik Zaman Sekarang, Pay Burman: Banyak Dibantu dengan Tools, Jadi Lebih Mudah

Ferry Budi Saputra - Selasa, 17 Agustus 2021 | 16:35
Pay Burman
Rissa Indrasty/Grid.ID

Pay Burman

HAI-Online.com - Pay Burman mengatakan kalau zaman sekarang memproduksi musik itu udah lebih mudah dan simpel karena banyak dibantu oleh tools, berbeda dengan zaman dulu.

Baca Juga: Pay Burman Ceritain Perbedaan Industri Musik Dulu dan Sekarang, Sebut Orang Dulu Hebatnya Begini

Pay mengatakan kalau dulu saat merekam suara kendalanya ada dipita yang bisa abis kalo merekam terus dan akhirnya nggak terpakai.

Kalau sekarang dia menyebut semuanya serba digital malah menjadi lebih mudah yaitu hanya take vokal lalu rekam kemudian langsung edit.

"Karena semua di-edit, semua instant. Jadi bisa dibilang orang-orang dulu yang berhasil jadi hits, itu benar-benar seleksi alamnya lebih kuat," ujarnya.

Dia menambahkan, "Kalo sekarang artinya orang banyak banget dibantu dengan tools, lebih canggih alatnya, itu lebih mudah tadi. Kalo orang dulu kalo dia naik benar-benar dia hebat," ungkap Pay Burman.

Jika dilihat dari segi produksi, Pay Burman mengatakan karena terlalu mudah proses produksi musik itu bisa membuat orang atau musisi kurang bisa menggali skill bermusik mereka.

Baca Juga: Sebelum Ngetop bareng Padi, Piyu Pernah Jadi Teknisi Gitar Andra Ramadhan

Dia juga nggak bisa menyalahkan tentang kemudahan yang didapatkan musisi zaman sekarang, "Anak muda sekarang punya ceritanya juga yang beda dengan orang dulu, nggak bisa kita paksain juga," tuturnya.

Meski di zaman sekarang semua serba digital dan mendapatkan kemudahan dalam industri musik, dia menyarakan agar setiap musisi yang berkarya tidak terlena dan harus menggali lebih dalam lagi mengenai karakternya.

"Apalagi kalo dalam konteks industri, mau tidak mau banyaknya rata-rata sama gitu nyari karakteristiknya (seragam semua). Yang paling susah sih itu ngeluarin apa yang bener-bener dari dalam innernya dia sendiri gitu," ucapnya.

Pay Burman menegaskan karakter si musisi lah yang akan membedakan musiknya di zaman sekarang, di tengah pasar yang seragam.

Baca Juga: MALIQ & D’Essentials Akui Cover Lagu Dewa 19 Adalah 'Beban', Ahmad Dhani: Alhamdulillah Mereka Artis Kreatif

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest