Follow Us

Asal-Usul Nama Band Padi, Ternyata dari Tumpukan Beras di Rumah Yoyok Pas Krisis Moneter

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 10 Agustus 2021 | 17:10
Padi reborn dalam program talk show bernama
padi reborn

Padi reborn dalam program talk show bernama

HAI-Online.com – Semua pendengar, terutama fans berat Padi mungkin udah tau gimana filosofi dari nama band idola mereka. Namun gimana sih proses tercetusnya nama ‘Padi’ yang dibentuk tahun 1997 tersebut.

Padi yang saat itu masih menggunakan ‘Soda’ sebagai nama mereka diubah saat Piyu dkk dapet kesempatan buat rekaman bareng Sony Music.

Namun ternyata, nama Padi sendiri sebenarnya udah dicetuskan sang drummer, Yoyo saat dirinya berencana membentuk band bersama Ari Lasso—yang saat itu kariernya di Dewa 19 sedang di ujung tanduk karena masalah ketergantungan, dan Ahmad Dhani pun tengah membuat proyek Ahmad Band.

Yoyo dan Ari yang memang telah berkawan lama saat itu berencana membuat sebuah band cafe di jelang vakumnya Dewa 19. Di masa itu, Padi tengah merilis single ‘Sobat’ sebelum album penuhnya, ‘Lain Dunia’ keluar setahun kemudian.

Baca Juga: 3 Lagu yang Jadi Inspirasi Piyu Padi saat Bikin ‘Begitu Indah’, Salah Satunya 'Sweetest Thing'-nya U2

“Anak Padi!” ujar Yoyo saat menjawab pertanyaan Ari Lasso soal nama band-nya tersebut dalam channel YouTube Ari Lasso TV pada November 2020.

Pemilihan nama Anak Padi, yang kelak justru menjadi cikal bakal nama band Padi, dikisahkan Yoyo berawal dari kondisi krisis moneter pada saat itu yang memaksanya untuk menimbun beras di garasi rumahnya.

“Kebetulan waktu itu aku lagi menimbun beras karena waktu itu lagi krismon. Jadi di garasiku itu beras semua. Pas melihat karung itu kepikiran nama,” jelasnya.

Bersama kawan mereka lainnya, Anak Padi memang rencananya dibuat sebagai proyek ‘fun’ mereka untuk membawakan lagu-lagu dari band favorit mereka seperti Radiohead dan U2.

Namun, rencana tersebut hanya berakhir sebagai wacana. Namun demikian, ide nama yang punya filosofi makin berisi, makin merunduk itu nggak sia-sia.

Meski diungkapkan Piyu nama Padi dicetuskan oleh sang gitaris, Ari, tetapi lebih jauh lagi, ide soal "padi" ini sendiri ternyata udah dicetuskan Yoyo jauh sebelum itu—meski ditujukan bukan untuk band Padi itu sendiri.

Baca Juga: Cabut dari Dewa 19, Karier Wawan Juniarso Justru Mentereng sebagai Manager Band: dari Padi sampai Naif!

(*)

Baca Juga: Ari Lasso Ngaku Lagu Anyer 10 Maret Milik Slank Pernah Selamatkannya dari Niat Bunuh Diri

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest