Follow Us

10 Jurusan Kuliah yang Punya Potensi Gaji Besar, Salah Satunya Inceran Lo?

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 16 Agustus 2021 | 15:05
Ilustrasi workshop Sains Data, salah satu jurusan yang  punya potensi gaji besar.
ragesoss/Wikimedia

Ilustrasi workshop Sains Data, salah satu jurusan yang punya potensi gaji besar.

HAI-Online.com – Menentukan jurusan kuliah seringkali jadi hal yang lo bingung karena banyak pertimbangan yang mesti dipikirkan, mulai dari biaya kuliah, peluang diterima di jurusan tertentu, minat dan bakat, sampai rekomendasi dari guru dan orangtua.

Namun terlepas dari hal tersebut, semua orang yang menuntut pendidikan tinggi pastinya pengen dapat hidup nyaman dengan karier yang mapan pada masa depan. Jadi, gaji juga bisa jadi faktor pertimbangan sebelum lo milih jurusan ke perguruan tinggi.

Nah, biar ada gambaran, simak nih jurusan kuliah dengan potensi gaji besar yang sedang nge-tren di Indonesia, melansir keterangan pers resmi Universitas Nusa Mandiri (UNM), Kamis (12/8/2021) yang dikutip Kompas.com.

1. Sains data

Meningkatnya perkembangan data seiring dengan perkembangan teknologi saat ini membuat banyak perusahaan membutuhkan jasa ahli pengolahan data.

Perusahaan pun membutuhkan lulusan sains data yang mampu mengolah data menjadi informasi. Karena peran ahli sains data sangat penting, maka gaji profesi ini juga besar. Gaji seorang ahli sains data berada pada kisaran Rp 15.000.000 sampai Rp 40.000.000.

Cukup wow, 'kan? Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan Sains Data, di antaranya adalah Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).

Baca Juga: Inilah 5 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia, Kalian Berminat?

2. Informatika

Selain seorang ahli sains data, banyak perusahaan juga membutuhkan peran ahli teknologi informasi (IT). Seperti yang udah kita tahu, perkembangan IT sudah meluas ke berbagai bidang kehidupan. Hampir semua perusahaan telah memanfaatkan IT untuk mengembangkan bisnis.

Karena peran penting ahli IT dalam kinerja perusahaan, maka seorang ahli IT pun memiliki kisaran gaji yang besar, yaitu mulai Rp 15.000.000 sampai Rp 27.000.000.

Sejumlah perguruan tinggi yang membuka jurusan Informatika, antara lain UNM, Universitas Telkom (Telkom-U), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Bina Nusantara (BINUS), dan Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute).

Halaman Selanjutnya

3. Bisnis digital
1 2 3 4

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest