Follow Us

Ini 5 Tips Self-Love biar Kalian Lebih Bahagia, Sayangi Diri Sendiri!

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 04 Juli 2023 | 15:08
Ilustrasi kebahagiaan
rawpixel.com

Ilustrasi kebahagiaan

HAI-Online.com – Kalian pernah terus-terusan ngerasa nggak puas dan membandingkan diri dengan pencapaian orang lain, serta ngerasa kurang? Dan ketika gagal mencapai apa yang kita mau, kalian merasa kecewa, terluka, dan nggak berharga.

Nah, self-love, adalah salah satu cara yang dilakukan untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, seperti dijelaskan Nurul Aini Ongkowidjoyo, M.Psi., Psikolog, konselor dari aplikasi konseling online Riliv.

“Self-love atau kemampuan mencintai diri sangatlah penting untuk Millennials karena ini membuat Millennials sadar akan kondisi diri, dan menerima seluruh kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri,” ujar Nurul dalam keterangan yang diterima HAI pada Sabtu (14/8/2021).

Di era yang bergerak sangat cepat dan penuh kompetisi seperti sekarang ini, informasi pun mengalir deras dan cenderung bebas. Sehingga seseorang menjadi rentan mendapat tekanan karena membandingkan diri dengan standar yang cukup tinggi.

Untuk itu, penting bagi kalian untuk memiliki boundaries atau batasan dengan cara mencintai diri sendiri dan mensyukuri diri.

Nurul mengatakan bahwa self-love itu bisa memberikan banyak manfaat buat kalian.

“Dengan mencintai diri hidup lebih puas dan bahagia, emosi lebih stabil, memiliki relasi yang lebih baik dengan orang lain, lebih percaya diri, berkembang, dan produktif, mengurangi perasaan cemas, dan bisa membuat keputusan yang tepat," ujarnya.

Simak nih 5 tips self-love yang bisa kalian terapin dalam kehidupan kalian.

Baca Juga: Rame Postingan ‘Review Saldo’ di Tiktok, Peneliti LIPI: Pada Dasarnya Manusia Itu Emang Suka Pamer

1. Kenali diri sendiri

Sebelum mencintai diri, kita harus terlebih dulu kenal diri kita. Cobalah tanya ke diri kalian sendiri, apa yang membuat takut? apa yang membuat merasa cemas? Apa kelebihan dan kekurangan kita?

Cari tahu juga apa kelebihan, kekurangan, apa yang kamu bisa, butuhkan, takutkan, hambatan, apa yang membuat kamu merasa kecewa, marah, terluka, dan berbagai pertanyaan lain seputar diri kalian.

2. Membandingkan diri dengan bijak

Setiap manusia punya keistimewaan maupun keunikan masing-masing. Setiap orang juga memiliki langkah dan kecepatannya sendiri. Nah di titik ini, kalian mesti paham bahwa setiap orang memiliki start poin yang berbeda.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest