Follow Us

Inilah 5 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia, Kalian Berminat?

Ferry Budi Saputra - Kamis, 05 Agustus 2021 | 11:41
Ilustrasi mahasiswa

Ilustrasi mahasiswa

HAI-Online.com - Indonesia memiliki banyak perguruan tinggi dan beragam jurusan. Tentu dari sekian banyak jurusan yang ada, mungkin banyak yang memilih jurusan yang familiar seperti Ilmu Komunikasi atau Manajemen.

Baca Juga: Inilah 10 Universitas Negeri dengan Jurusan Psikologi Akreditasi A

Namun, selain jurusan yang familiar ternyata juga ada beberapa jurusan langka di Indonesia lho. Melansir Kompas.com, informasi dari laman Iteba, Rabu (4/8/2021), ada 5 jurusan kuliah langka di Indonesia.

Kira-kira jurusan apa aja sih, yuk mari simak lima jurusan kuliah langka tersebut di bawah ini.

1. Aktuaria

Orang pasti banyak yang bingung soal jurusan ini atau mungkin baru aja dengar namanya. Ternyata jurusan Aktuaria ini ditujukan untuk program tingkat Sarjana (S1) dan baru muncul di Indonesia sejak 2017.

Berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), jurusan ini mempelajari ilmu Matematika yang dikaitkan dengan risiko asuransi.

Mata kuliah dalam jurusan ini merupakan gabungan antara ilmu Matematika, Statistika, Keuangan, dan Pemrograman Komputer.

Lulusan jurusan kuliah langka ini nantinya bisa menjadi seseorang yang ahli dalam bidang asuransi dan perencanaan keuangan.

Baca Juga: Universitas Airlangga Buka 5 Prodi Teknik Baru, Salah Satunya Nanoteknologi!

2. Rekayasa Nanoteknologi

Lalu, ada nih namanya jurusan Rekayasa Nanoteknologi. Jurusan ini mempelajari materi berukuran nano yang dimanipulasi sehingga tercipta benda baru.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest