Follow Us

Mungkin Belum Banyak yang Tahu, Lirik ‘Risalah Hati’ Dewa 19 Ternyata Diambil dari Lagu Ini

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 28 Juli 2023 | 13:52
Dewa 19
HAI

Dewa 19

HAI-Online.com – Lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani kerap jadi perhatian pecinta musik Tanah Air, mulai dari aransemen sampai liriknya, bahkan sampai bertahun-tahun setelah lagunya dirilis.

Salah satunya adalah lagu ‘Risalah Hati’ yang liriknya disebut-sebut merupakan ciptaan mantan istrinya, Maia Estianty. Lagu ini sendiri menjadi salah satu single hits dari album ‘Bintang Lima’ yang dirilis pada 2000 silam.

Hal itulah yang menjadi rasa penasaran vokalis D’Masiv, Rian Ekky Pradipta saat dirinya ngobrol bareng frontman Dewa 19 tersebut dalam channel YouTube-nya, Juli tahun lalu.

Pertanyaan tersebut muncul setelah Rian mendapatkan informasi tersebut dari Dul, putra bungsu Ahmad Dhani.

Sempat lupa-lupa ingat, Dhani yang mendengar pertanyaan itu kemudian menegaskan bahwa lirik lagu ‘Risalah Hati’ bukanlah ciptaan Maia.

Baca Juga: Formasi 'Bintang Lima' Justru Sukses Gaet Pendengar Baru Dewa 19, Ahmad Dhani: Gara-Gara Once sama Tyo

Dhani justru mengaku dirinya terinspirasi lagu milik penyanyi blues asal Amerika era 70-an, Bonnie Raitt saat mengarang ‘Risalah Hati’.

Yup, Dhani mengaku menyadur lagu Bonnie Raitt berjudul ‘I Can’t Make You Love Me’ pada potongan lirik reff ‘Risalah Hati’, aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku…

“Sementara itu lagu liriknya itu dari lagunya, yes I can make you love me if you don’t…,” jelas Dhani.

Ia menambahkan, “Dari kata-kata itu aku bikin reff-nya, aku bisa membuatmu…. Jadi bukan dari Maia berarti. Dari Bonnie Raitt.”

Menyadur lirik dari lagu mancanegara memang jadi salah satu hal yang kerap dilakukan Ahmad Dhani.

Selain ‘Risalah Hati’, lagu yang ia buat untuk mendiang Chrisye, ‘Andai Aku Bisa’ juga ia akui mengambil inspirasi dari lirik lagu luar negeri.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest