Follow Us

Perlu Tahu Nih, Ternyata Ada Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi

Ferry Budi Saputra - Minggu, 08 Agustus 2021 | 10:25
Kopi
Pixabay/PublicDomainPictures

Kopi

HAI-Online.com - Bagi beberapa orang meminum kopi biasanya dilakukan pada pagi hari dan ada juga yang minum di malam hari.

Apalagi kalau cowok biasanya sambil merokok, kopi adalah teman yang paling pas.

Baca Juga: Inilah 3 Alasan Kenapa Rasa Lapar bisa Bikin Kalian Sakit Kepala

Memang setiap orang memiliki waktu tersendiri dalam menikmati kopi. Lalu, kapan sih sebenarnya waktu yang tepat untuk seseorang menikmati secangkir kopi?

Melansir Kompas.com, informasi dari Healthline, banyak orang menikmati secangkir kopi setelah bangun.

Tetapi, kalau minum kopi terlalu cepat setelah bangun ternyata bisa mengurangi efek energinya karena hormon stres kortisol berada pada tingkat puncaknya saat waktu tersebut.

Nah, perlu diketahui nih kortisol adalah hormon yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Hormon ini lah yang juga mengatur metabolisme, respons sistem kekebalan dan tekanan darah.

Infonya sih disarankan bahwa waktu terbaik untuk minum kopi adalah pertengahan pagi hingga menjelang siang hari, ketika tingkat kortisol lebih rendah. Kalau kamu bangun sekitar 06:30, maka kopi dapat dinikmati antara pukul 09:30 - 11:30.

Baca Juga: 4 Manfaat Makanan Pedas, Salah Satunya Bisa Bantu Nurunin Berat Badan

Selain dapat meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan fokus, ternyata kopi juga dapat digunakan sebagai penambah kinerja olahraga yang efektif karena kandungan kafeinnya.

Menurut beberapa penelitian nih, kafein disebut dapat menunda kelelahan olahraga dan meningkatkan kekuatan otot.

Jika kamu ingin mengoptimalkan efek menguntungkan kopi pada kinerja olahraga, sebaiknya meminum kopi 30–60 menit sebelum berolahraga. Ini adalah waktu yang dibutuhkan kadar kafein untuk mencapai puncaknya dalam tubuh.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest