Follow Us

Sering Dilupakan, Ketahui Lagi 8 Urutan Cara Pakai Masker yang Benar

Ferry Budi Saputra - Senin, 02 Agustus 2021 | 10:00
Cara Pakai Masker yang Benar

Cara Pakai Masker yang Benar

HAI-Online.com - Masker sudah menjadi hal yang wajib dipakai dalam masa pandemi Covid-19 untuk mencegah penularan. Nah, ternyata memakai masker ada caranya lho, nggak asal pakai aja.

Baca Juga: 3 Kesalahan Minum Air Putih yang Dapat Merusak Kesehatan dan Kualitas Hidup, Waduh!

Salah satunya memakai masker yang menutup ketat area hidung, mulut, dan dagu. Tekan bagian atas masker sehingga menutup mengikuti bentuk hidung (jika memakai masker medis).

Perlu diketahui berikut ini 8 cara pakai masker yang benar yang dilansir dari akun resmi Instagram Direktorat SD Kemendikbud Ristek.

1. Cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer sebelum pakai masker. 2. Pakai masker bersih yang tidak kotor/rusak. 3. Pastikan masker menutup ketat area hidung, mulut, dan dagu. 4. Tekan bagian atas masker sehingga menutup mengikuti bentuk hidung. 5. Pakai masker ganda lebih baik, dengan kombinasi masker medis plus masker kain. 6. Hindari menyentuh bagian depan masker saat digunakan. 7. Lepas masker dari tali belakang. 8. Kembali cuci tangan pakai sabun atau bersihkan dengan hand sanitizer setelah melepas masker.

Baca Juga: Suka Minum Kopi Cold Brew? Ketahui Nih Manfaatnya untuk Kesehatan

Kemudian, ada hal yang harus kalian lakukan sebelum membuang masker terutama untuk masker medis:

1. Disinfeksi masker dengan merendam di larutan disinfektan/klorin/pemutih. 2. Gunting atau rusak sehingga tidak bisa digunakan kembali masker medis itu.

Selain itu, guna mencegah penularan Covid-19, kalian juga diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan:

1. Memakai masker dengan benar. 2. Menjaga jarak dan hindari kerumunan. 3. Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir. 4. Ikut vaksinasi.

Nah, itu tadi cara memakai masker yang benar. Bahkan kini direkomendasikan untuk menggunakan masker dobel yakni mengenakan masker medis dan ditambah dengan masker kain di bagian luar, karena adanya varian baru Covid-19 yang lebih cepat menular. (*)

Baca Juga: Usir Stres saat Pandemi, Lakukan Meditasi Pernapasan yang Punya 5 Manfaat Baik Ini

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siswa, Begini 8 Cara Pakai Masker yang Benar"

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest