Follow Us

Inilah 3 Alasan Kenapa Rasa Lapar bisa Bikin Kalian Sakit Kepala

Dok Grid - Selasa, 20 Februari 2024 | 10:52
Hangry merupakan kondisi di mana sesorang lapar dan marah di saat bersamaan.
health.clevelandclinic.org

Hangry merupakan kondisi di mana sesorang lapar dan marah di saat bersamaan.

HAI-Online.com – Lapar memang jadi salah satu hal yang nggak mengenakkan. Selain bikin nggak fokus beraktivitas, lapar juga bisa bikin literally sakit kepala.

Namun jika kalian pernah ngerasain pusing karena lapar, kalian nggak perlu terlalu khawatir. Sebab, sakit kepala atau pusing saat perut lapar termasuk kondisi yang umum dialami oleh banyak orang.

Penyebab sakit kepala

Tiga alasan yang bisa mengakibatkan sakit kepala karena lapar antara lain:

1. Kadar gula darah rendah

Jika kita sudah lama nggak makan apa pun, kita bisa mengalami gula darah rendah.

​​Kalori dalam makanan adalah ukuran energi. Tubuh kita membutuhkan sumber energi yang konsisten dalam bentuk makanan sebagai bahan bakar. Jika kita sudah lama nggak makan apa pun, kita bisa mengalami gula darah rendah.

Gula darah rendah atau hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar glukosa dalam darah berada di angka 70 mg/dL atau kurang.

Melansir Very Well Health, ketika hipoglikemia terjadi, orang mungkin akan mengalami gejala seperti sakit kepala, gemetar, dan kebingungan.

Sebagai respons atas hipoglikemia, tubuh kita akan melepaskan hormon yang memberi sinyal pada otak bahwa kita lapar. Nah, hormon yang sama ini bisa meningkatkan tekanan darah dan mengencangkan pembuluh darah di tubuh kita, kemudian memicu sakit kepala.

Hipoglikemia sering terjadi pada penderita diabetes, terutama yang mengidap diabetes tipe 1.

​​Namun, memiliki gula darah rendah bukan berarti seseorang pasti mengidap diabetes. Orang dengan hipoglikemia non-diabetes pada umumnya dianjurkan untuk pergi nggak lebih dari tiga jam di antara waktu makan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa pasien hipoglikemik lebih cenderung lapar dan sakit kepala, dibandingkan dengan pasien non-hipoglikemik.

Diabetes tipe 1 adalah ketika pankreas nggak dapat memproduksi insulin, sedangkan diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh kesulitan merespons insulin dengan baik dan mengatur kadar glukosa.

Source : Healthline, Very Well Health

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular