Follow Us

Kebun Binatang Ditutup karena Pandemi, Penguin di Thailand Kebingungan

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 07 Agustus 2021 | 20:17
Penguin-penguin di kebun binatang Khao Kheow, Thailand yang terbiasa berinteraksi dengan manusia kebingungan saat pandemi.
Khao Kheow Open Zoo

Penguin-penguin di kebun binatang Khao Kheow, Thailand yang terbiasa berinteraksi dengan manusia kebingungan saat pandemi.

HAI-Online.com – Kondisi pandemi yang terjadi saat ini nggak hanya berdampak pada kehidupan manusia, tetapi juga binatang. Salah satunya seperti yang terjadi di Kebun Binatang Terbuka Kheow di Si Racha, Chonburi, Thailand.

Pandemi yang memaksa diberlakukannya pembatasan kegiatan masyarakat membuat para penguin di kebun binatang tersebut kebingungan.

Sebagaimana dilaporkan Reuters pada Kamis (5/8/2021), banyak tempat umum, termasuk kebun binatang, ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19. Alhasil, tempat yang biasanya rame dikunjungi orang-orang itu pun jadi sepi.

Menurut spesialis penguin di Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow, Tossapol Kosol, para penguin tersebut cukup bingung saat keluar dari kandangnya. Bisa jadi mereka merindukan kehadiran manusia yang biasa mereka rasakan sebelum pandemi.

Baca Juga: Bisakah Hewan Peliharaan Termasuk Kucing Tertular Covid-19 Delta? Ini Penjelasannya

"Saya melihat mereka merasa agak bingung karena ketika mereka berjalan keluar, biasanya ada banyak orang yang menunggu mereka," tutur Tossapol.

"Kini, ketika mereka keluar dan tidak ada seorang pun di sini, mereka kadang berhenti untuk melihat-lihat, seolah mereka bertanya-tanya ke mana semua orang itu pergi," sambung Tossapol.

Selama setahun terakhir, Tossapol dan rekan-rekannya di kebun binatang tersebut harus menemukan cara untuk melatih hewan-hewan itu meskipun sepi pengunjung.

Setelah memberi makan 41 penguin itu, Tossapol dan rekan-rekannya menuntun penguin-penguin tersebut menyusuri jalan khusus yang panjang dari kandang ber-AC mereka ke kolam luar ruangan untuk berolahraga.

Baca Juga: Benarkah Binatang Bisa Merespons Musik Seperti Halnya Manusia?

Sementara itu Direktur Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow Tawin Rattanawongsawat mengungkapkan, meski kebun binatang nggak boleh menerima pengunjung, kehidupan di sana harus berlanjut.

"Tidak ada pengunjung, jadi mereka diberi makan oleh pengasuh mereka sepenuhnya," jelas Tawin.

"Mereka pasti bertanya-tanya, kenapa wajah pemberi makan selalu sama. Mereka pasti agak kesepian,” pungkas dia.

Mungkin penguin-penguin itu ngerasa kangen juga sama manusia ya, guys? (*)

Baca Juga: Berada di antara Pegunungan Curam, Inilah Kota Tersempit di Dunia

Source : Reuters

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest